Loading...

Cara Mudah Men-Stimulus Anak agar Cepat Bicara

Setiap orang tua tentu menginginkan agar anaknya yang masih kecil bisa cepat bicara. Meski secara normal anak akan bisa berbicara dengan sendirinya, namun dengan menstimulus anak kita bisa membuat anak cepat bicara. Bagaimana caranya? Mudah. Biasakan berbicara dengan si kecil sedari dini, demikian seperti yang disarankan oleh Anne Gracia, Praktisi Neurosains Terapan, seperti yang dikutip dari Okezone.

Anne menjelaskan bahwa dengan sering mengajak anak bicara saat bayi merupakan cara mudah bagi orangtua menstimulus anak cepat bicara. Sebab dari sana, dia belajar melalui ekspresi dan intonasi yang suka keluar dari mulut ibunya hingga berjalan proses dia belajar bicara seperti biasanya. Hal itu akan lebih memudahkan bagi anak bisa bicara.

Intonasi dan ekspresi dari si ibu adalah pembelajaran awal mereka. Saat kita bicara, dia akan merespons sehingga jadi tahu maksud kita. Misalnya saja, kalau kita bilang, ‘No, no, no, mama tidak suka’. Intonasi larangan itu sudah ada di memori sebelumnya, dia pasti akan diam dan menggambarkan ada sesuatu yang terjadi dengan mamanya.

loading...

Lebih lanjut Anne menambahkan bahwa perkembangan bahasa anak akan bisa lebih meningkat apabila orangtua juga memberikan stimulasi secara non-verbal sejak dini pada bayinya. Stimulasi dini dilakukan dalam ritual perawatan bayi sehari-hari, mulai dari sebelum mandi, pada saat mandi dan setelah mandi. Bentuk perawatan yang diberikan sendiri mencakup menstimulus taktil mencakup perabaan, belaian dan sentuhan, kemudian stimulus auditori atau pendengaran, stimulus vestibular untuk keseimbangan dia, stimulus olfaktori atau penciuman, stimulus proprioseptif untuk otot, sendi dan ligamen bayi, serta stimulus untuk indera pengecap.

Loading...
Cara Mudah Men-Stimulus Anak agar Cepat Bicara | inicarak | 4.5