Loading...

Cara Mudah Menurunkan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Ada banyak resiko penyakit akibat hipertensi atau tekanan darah tinggi. Beberapa diantaranya adalah stroke, penyakit jantung dan gagal ginjal. Meski hipertensi termasuk berbahaya, namuan dengan menerapkan pola hidup sehat bisa menjauhkan anda dari resiko hipertensi.

5 Cara Mudah Menurunkan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan dengan mudah untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi:

1. Olahraga yang Teratur

Rajin olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Bila anda menderita tekanan darah tinggi, maka anda bisa memilih jenis olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak tiga kali seminggu.

2. Menjaga pola hidup sehat

Makanan yang sehat dan bergizi bisa membantu menurunkan tekanan darah. Penting juga untuk mengurangi konsumsi garam dalam makanan untuk mencegah hipertensi. Bila anda sudah menderita tekanan darah tinggi, maka sangat dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung garam. Sementara itu, anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Kurangi garam atau sodium dalam diet

Selain beberapa cara mengontrol tekanan darah tinggi di atas, pengurangan kecil pada sodium dalam diet juga dapat menurunkan tekanan darah hingga 2 sampai 8 mmHg. Bila anda merasa tidak bisa langsung mengurangi kandungan garam dalam diet secara drastis, maka anda bisa menguranginya secara bertahap.

4. Mengontrol berat badan, tekanan darah dan gula dalam darah

Kendalikan kadar kolesterol dan diabetes. Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan dan mintalah ke dokter anda agar memberikan obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.

5. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok bisa melukai dinding pembuluh darah dan mempercepat proses pengerasan pembuluh darah. Berhenti merokok adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam mengubah gaya hidup sehat untuk melakukan pencegahan hipertensi.

Menjalankan pola gaya hidup sehat selain bisa mengurangi tekanan darah tinggi juga mencegah meningkatnya tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu saja, manfaat dari menjalankan gaya hidup sehat adalah akan meningkatkan efektivitas obat tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, stroke dan penyakit ginjal.

Demikian sedikit informasi mengenai cara menurunkan tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan istilah hipertensi sebagaimana yang dikutip dari laman Republika.

loading...
Loading...
Cara Mudah Menurunkan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi | inicarak | 4.5