Loading...

Cara Perawatan untuk Mengatasi Kuku yang Mudah Patah Karena Rapuh

Tidak sedikit wanita yang menginginkan untuk bisa memiliki kuku yang panjang. Karena dengan memiliki kuku yang panjang akan membuat mereka lebih percaya diri. Sayang, beberapa kondisi menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah patah. Ini tentunya akan membuat sulit untuk dapat memanjangkan kuku.

Ada beberapa penyebab kuku menjadi rapuh dan mudah patah. Beberapa contoh misalnya adalah kurangnya zat besi dalam tubuh dan kulit kering. Namun siapa sangka bahwa kebiasaan mengetik juga menyebabkan kuku jadi mudah patah. Tidak hanya itu saja, kebiasaan menghias kuku dengan kuteks ternyata juga dapat merusak kuku.

Cara Mengatasi Kuku yang Rapuh Sehingga Mudah Patah

Untuk mengatasi masalah kuku yang rapuh dan juga mudah patah, sebenarnya bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke salon dengan biaya yang mahal. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kuku yang rapuh dan mudah patah. Diantaranya:

1. Konsumsi suplemen magnesium

Mengonsumsi makanan sehat akan membuat kesehatan tubuh secara sempurna. Sementara itu, tidak ada kecantikan yang bisa diraih oleh wanita bila tidak dilakukan dengan menjaga kesehatan dari dalam, demikian menurt Sarah Stacy dari Beauty Bibble. Untuk itulah maka anda disarankan mengonsumsi tambahan suplemen magnesium terutama bagi yang kukunya rapuh.

2. Konsumsi protein yang cukup

Layaknya rambut dan juga kulit yang membutuhkan makanan, begitu juga dengan kuku. Makanan untuk rambut, kulit, dan juga kuku diantaranya adalah protein. Namun bagi anda yang adalah seorang penganut vegetarian, maka anda bisa menggantinya dengan zat besi. Hal ini karena protei dan zat besi dapat membantu memperkuat jaringan pembentuk kuku sehingga lebih kokoh dan kuat.

3. Kurangi menghias kuku dengan kuteks

Tidak hanya paru-paru yang membutuhkan oksigen utnuk bernapas, namun juga kuku anda. Sementara itu, terlalu sering memakai kuteks akan menghalangi oksigen masuk ke kuku. Sebenarnya tidak ada larangan untuk menghias kuku menggunakan kuteks dan beragam hiasan kuku lainnya. Akan tetapi, pastikan bahwa anda menyediakan waktu minimal satu minggu untuk kuku tanpa kuteks. Juga pastikan dalam masa itu seluruh cat kuku sudah hilang.

4. Strengthener

Tidak hanya vitamin kuku, namun anda juga harus rajin mengoleskan strengthener. Terutama pada saat anda ingin membentuk kuku dengan kikir ataupun alat yang lainnya. Karena bila tidak memakai strenghtener, kuku yang terkikis nantinya akan menjadi sangat rapuh dan juga mudah patah. Namun bila anda tidak mempunyai strengthener, sebagai gantinya anda bisa menggunakan kuteks sebelum menggunakan kikir untuk membentuk kuku. Hal ini karenakuteks akan membuat kuku menjadi lebih keras saat dikikir.

Selain dengan beberapa langkah di atas, cara untuk membuat kuku menjadi lebih kuat dan bernutrisi juga bisa dilakukan dengan cara rajin memijat kuku menggunakan minyak zaitun. Kemudian saat mencuci baju maupun peralatan dapur sebaiknya pakailah sarung tangan karet untuk melindungi kuku. Karena sabun yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada baju dan ataupun piring sangat keras dan itu akan membuat kuku menjadi rapuh hingga menyebabkan mudah patah.

Demikian adalah beberapa cara perawatan kuku untuk mengatasi kuku yang rapuh dan mudah patah yang dapat dicoba dan diaplikasikan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Perawatan untuk Mengatasi Kuku yang Mudah Patah Karena Rapuh | inicarak | 4.5