Loading...

Cara Sehat Meluapkan Amarah Pada Kekasih Anda

Terjadinya pertengkaran akibat perbedaan pendapat dalam sebuah hubungan adalah hal yang wajar terjadi, mengingat kedua pasangan pastinya memiliki karakter dan sifat yang berbeda. Agar pertengkaran yang terjadi tidak mengancam keberlangsungan sebuah hubungan, pastikan bahwa anda berdua bisa mengontrol pertengkaran yang terjadi tersebut.

Sebagaimana yang dikutip dari laman All Womens Talk, ada beberapa cara sehat yang bisa dilakukan untuk meluapkan emosi kepada pasangan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Gunakan Kata Saya, Bukan Kamu
Bila anda tidak ingin terlihat marah besar, maka gunakan kata yang mengacu pada diri anda sendiri sehingga tidak berkesan menyalahkannya. Misalnya saja dengan menggunakan kalimat “Saya merasa seperti orang bodoh”, bukan “kamu membuat saya menjadi bodoh”. Bila anda melakukan hal ini, maka dia kemungkinan akan menghargai perasaan anda dan terbuka membicarakan masalah yang dihadapi.

loading...

2. Hati-Hati Saat Berbicara
Biasanya apa yang anda ucapkan saat marah menjadi tidak terkontrol, dan anda baru menyadari dan menyesalinya belakangan. Karenanya, cobalah untuk menenangkan diri anda terlebih dahulu sebelum berbicara dengan pasangan, jadi tidak ada kalimat kasar yang akan muncul dari mulut anda.

3. Dengar dan Pelajari
Jika dia berusaha meminta maaf maka jangan potong ucapannya. Biarkan dia menyelesaikan dulu apa yang hendak dikatakannya. Bila anda tidak memberikannya kesempatan, maka masalah tidak akan terselesaikan. Pastikan bahwa anda menghargai dirinya meskipun anda saat itu sedang marah padanya.

4. Jangan Gunakan Kekerasan
Seberapapun marahnya anda pada pasangan, jangan gunakan kekerasan fisik dan lisan. Jangan pernah anda memukul pasangan atau melakukan kekerasan lainnya. Anda harus bisa mengontrol emosi anda dengan cara yang sehat.

5. Jangan Melebar
Bila anda marah pada pasangan karena satu masalah, jangan melebar dan membahas masalah yang lainnya yang bisa membuat masalah menjadi lebih besar dan tidak bisa cepat terselesaikan. Selesaikan satu masalah tersebut dengan tuntas, dan bahas masalah lainnya belakangan.

6. Cari Waktu Tepat
Carilah waktu yang tepat untuk mengungkapkan kekesalan anda. Jangan marah di depan orang lain yang bisa membuat malu pasangan anda. Itu sebagai tanda anda menghargainya. Juga pilihlah waktu di mana dia tidak sedang dalam tekanan kerja yang sangat banyak.

7. Perbaiki Secepatnya
Carilah solusi dari kekesalan anda itu dengan cepat. Jangan hanya marah namun tidak mencari solusinya. Bila anda ingin hubungan yang langgeng, maka jangan seringkali marah pada pasangan anda hanya karena hal sepele. Cobalah berkompromi dengannya dan keadaannya.

Loading...
Cara Sehat Meluapkan Amarah Pada Kekasih Anda | inicarak | 4.5