Loading...

Cara Sehat Menyajikan Mi Instan Untuk Meminimalkan Bahaya Mi Instan

Mi instan menjadi salah satu makanan favorit yang banyak dinikmati orang Indonesia. Harganya yang murah, ditambah dengan cara pengolahan yang praktis dengan berbagai pilihan rasa yang banyak menjadikan mi instan banyak disukai. Karena itu, tidak mengherankan bila mi instan menjadi pilihan makanan cepat saji favorit banyak orang.

Namun karena kandungan zat di dalamnya, mengkonsumsi mi instan memang tidak disarankan dilakukan sering-sering. Sebab itu, bagi anda yang gemar mengonsumsi mi instan, sebaiknya perhatikan cara penyajian yang tepat agar risiko atau bahayanya bisa diminimalkan.

Cara Benar dan Sehat Masak Mi Instan Untuk Mengurangi Bahaya dan Efek Samping Mi Instan untuk Tubuh

Berikut ini adalah beberapa tips cara sehat mengolah mi instan yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Tabloid Bintang:

loading...

1. Jangan sering makan mi instan
Ada banyak zat kimia yang terkandung dalam mi instan baru bisa hilang atau terurai dari tubuh selama tiga hari. Sebab itu, anda tidak dianjurkan untuk terlalu sering mengkonsumsi mi instan. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko atau bahaya yang terdapat di dalamnya, sebaiknya konsumsi mi instan hanya sekali dalam satu minggu.

2. Buang air rebusan
Pastikan mi instan direbus lebih dulu agar lapisan lilin pada permukaannya hilang, kemudian air rebusan tersebut dibuang dan baru mi ditiriskan. Jika ingin berkuah, tambahkan air panas yang baru. Biasanya, cara penyajian mi instan sudah tertera jelas pada bungkusnya. Walau demikian, masih banyak masyarakat yang salah dalam memasak mi instan.

3. Campur bumbu setelah mi masak
Mencampur bumbu ketika mi sedang direbus karena sangat berisiko terhadap kesehatan. Karena itu, hilangkan kebiasaan tersebut. Meski terlihat sepele, mencampurkan bumbu ketika sedang memasak mi pada suhu yang tinggi bisa membuat kandungan berbahaya di dalam mi semakin aktif. Karena itu untuk meminimalkan risiko yang ada, sebaiknya campurkan bumbu setelah selesai memasak.

4. Tambahkan sayuran
Untuk mendapatkan nutrisi yang lebih baik dari sekedar yang ada dalam mi, sebaiknya saat memasak mi instan perlu ditambahkan juga sayuran. Menambahkan sayuran hijau dalam masakan mi akan menambahkan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Walaupun sudah ada aturan “sehat” memasak mi instan seperti diatas, namun sebaiknya hindari mengkonsumsi mi instan secara berlebihan dan beralihlah ke makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi serta vitamin agar tubuh menjadi sehat.

Loading...
Cara Sehat Menyajikan Mi Instan Untuk Meminimalkan Bahaya Mi Instan | admin | 4.5