Loading...

Cara Tidur yang Menyehatkan

Tidur adalah salah satu rutinitas manusia. Tidur mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, emosi, mood dan kegiatan beraktivitas sehari-hari.

Kurang tidur tidak hanya membuat Anda mudah mengantuk, tetapi juga memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan yang mungkin saja akan mengacaukan seluruh pekerjaan anda.

Agar anda bisa tidur dengan lelap dan sehat, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan:

loading...

1. Atur jadwal tidur

Anda mungkin bukan lagi anak kecil yang dapat diatur kapan harus tidur dan bangun. Akan tetapi, mengatur jadwal tidur sangatlah penting. Idealnya, setiap orang harus dapat menentukan kapan waktu untuk tidur. Dengan memiliki jadwal tidur yang teratur, tubuh Anda akan mulai terbiasa untuk tidur tepat waktu. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur lebih awal agar tubuh Anda dapat beristirahat lebih panjang. Apa efeknya? Ketika bangun, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan bertenaga.

2. Bersantai sebelum tidur

Berikan waktu untuk tubuh Anda bersantai minimal 30 menit sebelum pergi ke tempat tidur. Matikan televisi, komputer, video game, atau segala sesuatu yang dapat merangsang Anda untuk beraktivitas. Biarkan pikiran Anda beralih dari modus kerja ke modus tidur. Jauhkan segala macam bentuk barang elektronik, seperti handphone atau i-phone, dari tempat tidur Anda.

3. Rileks

Jika Anda merasa sulit mengatasi stres, cobalah melakukan rutinitas yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks, misalnya berendam di air hangat atau meneguk segelas susu hangat. Lakukan sedikit peregangan atau teknik relaksasi napas dalam sambil mendengarkan alunan musik yang menenangkan. Matikan lampu untuk menginduksi produksi melatonin—hormon yang membantu Anda terlelap.

4. “Bersihkan” pikiran Anda

Bersihkan segala macam pikiran yang ada di benak Anda sebelum memutuskan untuk beranjak ke tempat tidur. Bagaimana caranya? Ambilah selembar kertas dan tuliskan segala masalah dan persoalan yang tengah Anda alami, seperti masalah terkait pekerjaan, konflik dengan seseorang, atau masalah keuangan. Jangan lupa pula untuk menuliskan setidaknya tiga hal yang dapat membuat Anda merasa bersyukur.

5. Hindari tidur siang terlalu sore

Berhati-hatilah dengan waktu tidur siang Anda. Meskipun tidur siang dapat menjadi cara yang bagus untuk mengisi ulang atau mengejar kekurangan waktu tidur, tetapi jika Anda tidur siang terlalu sore, Anda mungkin akan mengalami kesulitan tidur di malam hari.

6. Gunakan aroma terapi

Minyak aromaterapi, seperti chamomile, juniper, lavender, marjoram, mawar, dan kayu cendana, memiliki efek sedatif (menenangkan) ketika dihirup. Gosokkan sedikit aroma terapi pada bagian dalam pergelangan tangan atau pada pelipis, lalu hiruplah aromanya hingga membuat Anda terhanyut ke alam mimpi.(kmps)

Semoga informasi cara tidur yang sehat diatas dapat bermanfaat.

Loading...

Hasil pencarian:

Cara menyehatkan badan, bagaimana cara menyehatkan tubuh, menyehatkan badan
Cara Tidur yang Menyehatkan | inicarak | 4.5