Loading...

Cara yang Tepat untuk Mengatasi Sariawan pada Anak

Sariawan merupakan salah satu gangguan kesehatan pada mulut yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Sariawan bisa menyerang siapa saja, termasuk juga pada anak-anak. Bila dibiarkan, sariawan bisa menyebabkan kurangnya asupan nutrisi. Pasalnya, karena susah untuk makan, maka jumlah asupan makanan yang dikonsumsi jadi berkurang. Alhasil, nutrisi yang yang masuk ke tubuh pun ikut berkurang.

Sariawan pada anak harus lebih diperhatikan. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh anak-anak yang mengalami sariawan biasanya bakal menurun, demikian seperti yang disampaikan ahli penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, DR. drg. Harum Sasanti Yudoyono, Sp.PM.

Ada beberapa penyebab sariawan, selain karena faktor keturunan, sariawan juga bisa disebabkan karena stres.
“Coba cek kembali apakah anak sedang stres menghadapi ujian atau bila terjadi pada remaja wanita perhatikan siklus menstruasinya. Karena selain keturunan, sariawan juga dipengaruhi oleh stres dan kekebalan tubuhnya menurun,” jelas Harum.

loading...

Penggunaan obat sariawan berbahan kimia, kumur atau oles, sangat tidak dianjurkan pada anak. Karena itu, bila anak terkena sariawan bisa dengan menggunakan obat kumur dari air garam.

“Kumur saja dengan air hangat yang diberi garam secukupnya. Tapi jangan kumur cepat-cepat. Ini yang salah. Pakai obat apapun, bila menggunakan obat kumur agar berkhasiat itu minimal 30 detik-60 detik. Tapi lebih baik kumur air garam itu 2-3 menit,” jelasnya, seperti yang dilansir Liputan6.com, Kamis (17/4/2014).

Loading...
Cara yang Tepat untuk Mengatasi Sariawan pada Anak | inicarak | 4.5