Loading...

Cegah Depresi dengan Mengkonsumsi Vitamin B dan Folat

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan folat tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan secara fisik, namun ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan mental.

Setiap orang bisa mengalami gangguan kesehatan mental seperti stres, kesulitan tidur atau insomnia, dan depresi. Namun kini ada cara sederhana mengatasinya, yaitu dengan mengonsumsi vitamin B dan folat.

Menurut sebuah penelitian baru dari Finlandia, tambahan diet sederhana bisa membantu Anda mengatasi masalah gangguan mental. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan folat bisa membantu menurunkan risiko depresi.

loading...

Seperti dikutip Menshealth, para ilmuwan mengatakan, folat dan vitamin B dapat membantu tubuh dalam memproduksi hormon. Hormon yang dihasilkan contohnya norepinefrin, dopamin, dan serotonin yang mengatur mood, serta meningkatkan perasaan bahagia.

Sementara itu, menurut National Institutes of Health, vitamin B dan folat tidak hanya membantu mengatur mood Anda, tetapi juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit degenaratif, seperti Alzheimer dan demensia. Selain itu, vitamin B dan folat juga dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke.

Salah satu contok makanan sumber folat yang bisa Anda konsumsi setiap hari adalah bayam. Konsumsi bayam yang dianjurkan untuk asupan harian pria rata-rata 33 persen, kemudian buah alpukat sekira 15 persen, serta buah pisang.

Loading...
Cegah Depresi dengan Mengkonsumsi Vitamin B dan Folat | inicarak | 4.5