Loading...

Cemas Berlebihan pada Ibu Hamil Sebabkan Bayi Lahir Prematur

Calon ibu yang mengalami kecemasan tingkat tinggi saat hamil bisa berdampak buruk pada kesehatan ibu dan anaknya.

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Bristol dan Federal University of Rio de Janeiro, Brazil menemukan hubungan antara jenis makanan yang dimakan ibu hamil dan kecemasan dalam masa kehamilan.

Mereka mengatakan, kecemasan yang berlebihan saat hamil tidak baik untuk kesehatan jangka panjang ibu. Selain itu, kecemasan yang berlebihan juga bisa menyebabkan bayi mereka lahir prematur, atau memiliki berat badan rendah ketika lahir.

loading...

Penelitian ini juga mengamati tentang asupan ikan pada 9.500 wanita hamil. Hasil pengamatan menunjukkan, bahwa mereka yang tidak pernah makan seafood 53% lebih berisiko mengalami kecemasan yang tinggi pada usia 32 minggu kehamilan.

“Dalam rangka untuk memiliki kehamilan yang sehat, wanita perlu mengikuti diet sehat dan bukan sesuatu yang khusus untuk kehamilan,” tutur penulis laporan penelitian, Dr Juliana Vaz, dilansir Heraldscotland.

Ia menambahkan bahwa yang dimaksud dengan diet sehat adalah menerapkan diet yang didalamnya mengandung ikan. “Tiga porsi per minggu dengan setidaknya terdapat satu dari ikan berminyak, seperti salmon, sarden, atau tuna,” tambahnya.

Loading...
Cemas Berlebihan pada Ibu Hamil Sebabkan Bayi Lahir Prematur | inicarak | 4.5