Loading...

Inilah Ciri-ciri Menstruasi yang Sehat

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi, misalnya saja karena tubuh keletihan, stres dan atau karena depresi. Selain mempengaruhi siklus menstruasi, kondisi tersebut juga bisa memberikan dampak terhadap kuantitas darah yang dikeluarkan saat menstruasi.

Normalnya, siklus menstruasi terjadi selama 28 hari. Namun karena pengaruh hormonal, siklus menstruasi bisa kurang dan bisa lebih satu hari, dan itu normal. Semua itu tergantung regulasi dari tubuh kita sendiri, bahkan ada juga wanita yang siklus menstruasinya 21 hari.

Apakah ciri menstruasi sehat identik dengan volume darah yang banyak? Dr Inge Permadhi, MS, SpGK, Dokter Gizi Klinis dari FKUI/RSCM sebagaimana dilansir Okezone menegaskan, tergantung metabolisme faktor hormonal tubuh wanita.

loading...

“Saat menstruasi, ada yang darahnya sedikit keluar, namun ada juga yang banyak dan sudah bersih di hari ketiga. Ada juga yang banyak mengeluarkan banyak darah meski sudah di hari ke tujuh. Itu tergantung regulasi tubuh kita yang berkaitan tingkat metabolisme dan hormonal,” terangnya.

Walau demikian, ada baiknya bila melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai apakah kejadian yang dialami saat menstruasi tergolong sehat atau tidak.

Loading...
Inilah Ciri-ciri Menstruasi yang Sehat | inicarak | 4.5