Loading...

Contoh Buah dan Sayur yang Kaya Akan Kandungan Vitamin C

Vitamin C keberadaannya sangat penting bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat vitamin C sendiri adalah berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, tulang, sendi, dan sebagainya.

Namun mengonsumsi vitamin C tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Karena bila dikonsumsi secara berlebihan justru akan beresiko bagi kesehatan dimana bila dilakukan berlebihan dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan iritasi pada dinding lambung dan menyebabkan batu ginjal.

Adapun dosis harian konsumsi vitamin C yang dianjurkan adalah 75-90 mg saja.

Makanan Sumber Vitamin C Selain Buah Jeruk

Salah satu jenis buah yang dianggap sebagai sumber vitamin C adalah buah jeruk. Padahal, tidak hanya buah jeruk saja yang kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Karena beberapa jenis buah dan sayuran lain juga memiliki kandungan vitamin C yang tin ggi.

Berikut ini adalah beberapa asupan lain yang ternyata juga tinggi vitamin C seperti berikut ini:

1. Buah Kiwi

Oleh para ahli, buah kiwi sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang kekurangan vitamin C. Hal ini dikarenakan vitamin C yang terkandung dalam buah kiwi lebih tinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Selain dapat memenuhi kebutuhan vitamin C, buah kiwi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi.

2. Sayur Brokoli

Dari keluarga sayur-sayuran, brokoli menjadi juaranya untuk sumber vitamin C. Ya, sayur brokoli ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dimana dalam 100 gram brokoli bisa mengandung 89,2 mg vitamin C. Tidak hanya itu saja, karena sayur brokoli juga penuh dengan nutrisi penting lainnya seperti mineral dan vitamin.

3. Paprika Merah

Paprika merah merupakan satu makanan sumber dari vitamin C yang luar biasa. Karena menurut para ahli, hanya dengan mengonsumsi sebanyak 100 gram paprika merah maka itu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian seseorang.

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa sumber vitamin C dari buah dan sayur yang bisa menjadi acuan dalam memenuhi kebutuhan vitamin C keluarga anda. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Contoh Buah dan Sayur yang Kaya Akan Kandungan Vitamin C | inicarak | 4.5