Loading...

Daftar 10 Makanan Penyebab Kanker Usus Besar

Salah satu faktor utama penyebab kanker usus besar adalah dari pola makan yang tidak sehat. Karena itulah maka setiap orang diminta agar memperhatikan apa yang di makan dan juga apa yang diminum dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang dikatakan oleh Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit MRCCCC Siloam Jakarta, makanan yang dikonsumsi memiliki hubungan erat terhadap terjadinya kanker kolorektal pada diri kita.

“Makanan itu ada dua hubungan terhadap kanker dalam tubuh kita. Pertama, makanan dapat menjadi pencetus adanya perubahan pada usus besar kita ke arah yang lebih buruk. Kedua, makanan juga dapat mencegah agar usus besar kita tetap mulus,” kata Samuel.

loading...

Dan berikut ini adalah daftar 10 makanan yang bisa jadi pencetus atau penyebab seseorang terkena kanker usus besar.

  1. Alkohol
  2. Garam (pencetus kanker dari lambung)
  3. Gula
  4. Makanan berlemak
  5. Lemak jenuh
  6. Daging merah (pencetus terjadinya dari kolon dan rektum)
  7. Toksin
  8. Makanan yang mengandung karbon
  9. Makanan yang digoreng
  10. Makanan yang diasap.

Dr. Samuel mengatakan bahwa lemak jenuh bisa berasal dari kuning telur, lobster, dan maragrin. Sementara itu untuk toksin biasanya terjadi ketika seseorang masak di rumah tanpa menggunakan margarin, tapi memilih memasaknya di atas teflon yang terbuat dari besi atau aluminium. Sebab, dari teflon itu ada kandungan lilin di dalamnya. Demikian informasi mengenai daftar makanan yang bisa menyebabkan kanker usus, seperti yang dikutip dari laman Liputan6.

Loading...
Daftar 10 Makanan Penyebab Kanker Usus Besar | inicarak | 4.5