Loading...

Daftar Makanan Sumber Zat Besi yang Bisa Untuk Meningkatkan Hemoglobin Darah

Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproses protein seperti hemoglobin dan myoglobin. Hemoglobin adalah protein yang baik untuk sel darah merah dalam membawa oksigen dari jantung ke jaringan, sementara myoglobin berfungsi untuk membantu memasok oksigen ke otot.

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia yang mengakibatkan anda sering merasakan kepala berkunang-kunang atau pusing. Juga kekurangan zat besi bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Karena itulah penting kiranya bagi anda untuk mencukupi akan asupan zat besi yang diperlukan oleh tubuh.

Menurut catatan dari National Institutes of Health (NIH), perempuan membutuhkan zat besi lebih banyak dari pria. Di usia 19-50 kebutuhan zat besi yang dianjurkan dalam sehari yakni 18 mg. Setelah usia 50 tahun, angkanya bisa jadi 8 mg per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh, anda bisa mendapatkannya dengan cara mengonsumsi makanan sebagai sumber zat besi. Berikut ini adalah beberapa makanan sumber zat besi yang bisa anda konsumsi setiap harinya sebagaimana yang dikutip dari Kompas:

1. Dark chocolate dan cocoa powder

Dark chocolate yaitu yang terdiri 70 sampai 85 persen cacao disebut-sebut kaya akan kandungan zat besi daripada daging sapi. Perbandingannya cukup besar meski dikonsumsi dalam porsi yang sama. Mengkonsumsi cokelat dengan vitamin C seperti buah jeruk akan melengkapi kebutuhan zat besi buat tubuh.

2. Buah kering

Buah peach kering misalnya mengandung 6,5 mg zat besi per cangkirnya, diikuti kemudian dengan buah plum kering, aprikot dan kismis. Tetapi pastikan anda mengonsumsi buah kering yang tidak ada gula tambahannya. Untuk lebih baiknya, anda bisa mengeringkan sendiri buah-buahan tersebut. Anda bisa menikmati buah peach kering dan aprikot dengan dark chocolate.

3. Spirulina

Spirulina, algae yang berwarna biru-hijau ini termasuk makanan super yang mengandung banyak manfaat dari vitamin B12, vitamin A dan E termasuk zat besi kalsium dan magnesium. Satu sendok teh spirulina mengandung 2 mg zat besi. Ada yang menjadi campuran smoothie ada juga dalam bentuk pil atau bubuk.

4. Blackstrap molasses

Blackstrap molasses termasuk pemanis yang sehat. Biasanya digunakan untuk membuat rasa kue lebih manis dan kandungan zat besinya hampir sama besar dengan dark chocolate. Dua sendok teh molasses disebut mengandung 2,39 mg zat besi, tanpa lemak dan kalori yang besar seperti daging, jadi cukup membantu kebutuhan zat besi.

5. Tahu

Diantara semua makanan yang diatas, tahu adalah jenis makanan yang paling mudah ditemui dan tentu saja enak untuk dinikmati. Tahu kaya akan kandungan protein dan juga zat besi. Namun pastikan bahwa tahu yang anda konsumsi adalah tahu yang alami tanpa ada olahan pabrik atau bahan kimia di dalamnya.

loading...
Loading...
Daftar Makanan Sumber Zat Besi yang Bisa Untuk Meningkatkan Hemoglobin Darah | inicarak | 4.5