Loading...

Dampak Kecanduan Game

Bagi anda para maniak game mungkin harus lebih bijak lagi menyalurkan hobi ini. Memang sangat menyenangkan bermain game di komputer pc, laptop, playstation, atau bahkan di perangkat ponsel anda. Tapi ada beberapa hal negatif yang bisa menyerang para maniak game ini. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk dari kecanduan bermain game yang mungkin bisa terjadi:

Kurangnya sosialisasi

Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam memainkan karakter di video game anda. Dan tanpa sadar anda telah menjauh dari kehidupan sosial anda di lingkungan sekitar. Hal ini akan berdampak pada kurangnya hubungan sosial terhadap keluarga, teman, atau bahkan pasangan anda sendiri. Efeknya tidak anda rasakan pada saat anda bermain game, tapi ketika anda berhenti bermain game dan melihat lingkungan sekitar, anda akan canggung bahkan untuk menyapa orang terdekat anda.

Kurangnya komunikasi

Dampak ini sebenarnya sebagai lanjutan dari poin pertama. Jika hubungan sosial anda menjadi buruk, maka akan sulit untuk melakukan komunikasi bahkan untuk pembicaraan atau kontak percakapan yang sederhana sekalipun.

Hilangnya empati

Jika anda keranjingan bermain game yang bertema kekerasan. Tentu lambat laun akan mempengaruhi agresifitas anda di dunia nyata. Kebiasaan anda untuk menyerang, menembak, atau bahkan membunuh dalam dunia game anda dapat merusak perasaan emosinal anda terhadap lingkungan sekitar.

Gangguan motorik

Duduk berjam-jam untuk menyelesaikan beberapa level game membuat kinerja otot dan persendian anda menurun. Kurangnya pergerakan yang dilakukan oleh tubuh dapat menyebabkan obesitas atau bahkan yang lebih parah adalah kurangnya respon otak terhadap anggota tubuh karena otak anda telah terbiasa mengendalikan objek di dunia game. Akibatnya, beberapa bagian tubuh seperti leher, pinggang, bokong, dan kaki akan mengalami keram dan kurangnya pasokan darah ke setiap bagian tubuh. Ini akan menyebabkan cidera serius atau sakit kepala ringan.

Jika memang anda adalah penggila game, ada baiknya anda juga menyeimbangkan pola hidup sehat anda agar hobi yang anda tekuni tidak berdampak negatif bagi kesehatan dan psikologi anda.

loading...
About these ads
Loading...
Dampak Kecanduan Game | inicarak | 4.5