Loading...

Dampak Negatif Anak Terlalu Dimanja Orangtua

Ada tiga hal yang menyebabkan anak menjadi manja. Lantaran pola asuh yang keliru, ketika proses mencari perhatian dan pengakuan, dan kurangnya pendekatan emosional dengan orangtuanya.

Sering orangtua mengalami masalah ketika menghadapi anak yang manja, karena selain membuat repot, bahkan akan berdampak buruk pada sikap dan perkembangan pribadi si anak ketika dia sudah dewasa.

Untuk dapat menghadapi masalah anak yang manja, orangtua terlebih dahulu harus mengenali dampak-dampak negatif ketika anak terlalu sering dimanja.

loading...

1. Anak akan Menjadi Malas
Karena terlalu sering mendapat bantuan dari orang tua, anak cenderung akan malas dan sulit untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas, atau tanggung jawab yang sebenarnya dapat dia selesaikan.

2. Kurang Peka/Inisiatif
Karena terbiasa dilayani, membuat anak menjadi kurang peka. Kurang adanya inisiatif untuk melakukan atau menyelesaikan sesuatu yang bermanfaat. Anak seperti ini, tidak bisa diharapkan, karena yang ia tahu hanya “beres”.

3. Kecerdasan Emosional Rendah
Hilangnya rasa menghargai, empati, dan tanggung jawab membuat kecerdasan emosianal sang anak menjadi rendah. Sikap ini tentunya membuatnya sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

4. Sulit Bersosialisasi
Kecenderungan anak manja adalah sulit untuk bersosialisasi. Hubungan teman-teman biasanya seperti seorang majikan dan anak buah.

Loading...
Dampak Negatif Anak Terlalu Dimanja Orangtua | inicarak | 4.5