Loading...

Faktor Penyebab Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekananan darah tinggi adalah gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal, yaitu melebihi 140 per 90 mmHg.

Ada banyak faktor yang jadi penyebab hipertensi, namun umumnya faktor genetika (keturunan) dan faktor lingkungan. Faktor genetik ini tidak dapat dimodifikasi, yaitu usia. Hipertensi umumnya berkembang antara 35 sampai 55 tahun. Kedua adalah etnis, etnis Amerika keturunan Afrika menempati risiko tertinggi terkena hipertensi.

Berikutnya hipertensi karena faktor keturunan, beberapa peneliti meyakini bahwa 30 sampai 60 persen kasus hipertensi adalah diturunkan secara genetis.

Selain genetik, lingkungan juga turut mempengaruhi hipertensi. Namun faktor lingkungan ini dapat dimodifikasi. Yang termasuk faktor lingkungan, pertama adalah diet. Makanan dengan kadar garam tinggi dapat meningkatkan tekanan darah seiring dengan bertambahnya usia.

loading...

Kedua, obesitas atau kegemukan, tekanan darah meningkat seiring dengan peningkatan berat badan. Ketiga, karena disebabkan merokok, dapat meningkatkan tekanan darah dan cenderung terkena penyakit jantung koroner.

Tidak hanya itu saja, hipertensi juga bisa disebabkan oleh kondisi penyakit lain seperti diabetes melitus tipe dua cenderung meningkatkan risiko peningkatan tekanan darah dua kali lipat.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

penyebab hipertensi dari faktor lingkukngan
Faktor Penyebab Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi | inicarak | 4.5