Loading...

Faktor Penyebab Tumit Kaki Pecah-pecah

Memiliki tumit kaki pecah-pecah bisa mengganggu penampilan, apalagi jika sedang menggunakan sendal atau sepatu yang terbuka pada bagian tumit.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah. Umumnya adalah karena kulit kering dan mengeras di sekitar pergelangan kaki bagian belakang hingga tumit.

Kulit pada tumit memang lebih tebal dibandingkan punggung kaki dan telapak. Namun karena tekanan terus menerus (khususnya saat mengenakan sepatu hak tinggi) kulit tumit jadi mengeras dan timbul efek retak atau pecah-pecah. Cara jalan yang salah, diabetes, terlalu banyak terkena debu, berat badan berlebih dan infeksi jamur juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

loading...

Selain itu, beberapa kondisi medis seperti; predisposisi kulit kering, neuropati otonom, misal pada penderita diabetes menyebabkan kurang berkeringat, tiroid menurunkan tingkat metabolisme tubuh dan pengurangan keringat, hal ini akan mengarah pada kekeringan di kulit hingga memudahkan kulit pada tumit kaki mengalami pecah-pecah.

Loading...
Faktor Penyebab Tumit Kaki Pecah-pecah | inicarak | 4.5