Loading...

Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Organ Intim Wanita Setelah Melahirkan

Ada banyak wanita yang trauma dan tidak mau lagi melahirkan secara normal karena berubahnya organ intim wanita.

Organ intim wanita, yaitu Miss V atau vagina wanita biasanya akan menjadi longgar setelah melahirkan. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor.

Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa faktor penyebab longgarnya organ intim wanita setelah melahirkan.

loading...

Usia
Salah satu faktor penentu longgarnya vagina setelah melahirkan adalah karena usia Anda saat melahirkan. Jika Anda berada di usia 20-an atau awal 30-an, akan ada kemungkinan vagina Anda akan kembali normal setelah melahirkan. Dengan kata lain, usia juga bisa berpengaruh terhadap otot vagina Anda. Jadi jika hamil di atas usia 35 tahun, setelah melahirkan otot vagina akan menjadi kendur.

Jumlah kehamilan
Selain karena usia, jumlah bayi yang sudah pernah dilahirkan juga berpengaruh terhadap kondisi vagina. Otot vagina yang elastis sama halnya seperti ketika merenggangkan karet gelang dalam jangka waktu yang lama. Dengan kata lain, ketika Anda sudah melewati persalinan kedua atau ketiga kalinya, maka otot vagina akan menunjukkan tanda-tanda kelelahan otot.

Ukuran bayi
Ukuran bayi ketika melahirkan juga sangat berpengaruh terhadap elastisitas vagina. Jika bayi sangat besar, maka akan sedikit melonggarkan vagina Anda dan bayi lebih dari 3,5 kg dianggap memiliki berat badan yang besar.

Cara Mengencangkan Otot Vagina atau Miss V

Melakukan latihan kegel bisa menjadi cara terbaik untuk mengembalikan agar vagina Anda menjadi kencang dan rapat kembali.

Kegel merupakan bagian dari latihan kontraksi untuk otot vagina. Melakukan latihan kegel secara teratur setelah melahirkan akan memperketat otot-otot vagina dengan cepat.

Loading...
Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Organ Intim Wanita Setelah Melahirkan | inicarak | 4.5