Loading...

Gejala Dan Cara Mencegah Asam Urat

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa adanya peningkatan kadar asam urat memiliki efek buruk yang menghasilkan penyakit arthritis yang rumit. Setiap kali ada peningkatan asam urat dalam darah kita akan menghasilan pembentukan jarum berbentuk kristal dalam jaringan yang menghubungkan sendi dan akhirnya menyebabkan rasa sakit tak tertahankan.

Tahapan Penyakit Asam Urat

Masalah penyakit asam urat seringkali ditemukan pada orang-orang paruh baya dan umumnya mereka adalah wanita. Menurut informasi dari National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS), bahwa asam urat tumbuh dalam empat tahapan berbeda. Yang pertama, Asimtomatik gout di mana selama fase ini tidak perlu perawatan apapun karena kadar asam uratnya hanya sedikit dan tidak mudah terlihat.

Kedua, Acute gouty arthritis atau yang sering juga disebut dengan hyperuricemia dimana kristal terbentuk di sendi dan gejalanya meliputi rasa nyeri dan peradangan pada sendi. Namun, masih belum membutuhkan perawatan apapun karena sakitnya akan hilang dari 3-10 hari.

loading...

Ketiga, Interval gout di mana ada rasa sakit pada tahap ini. Sakitnya terjadi di beberapa sendi yang tajam, walaupun sendi dalam kerja normal.

Keempat, Chronic tophaceous gout. Ini merupakan tahap paling kritis yang terjadi beberapa tahun setelah tahap pertama terjadi. Dalam tahap ini akan ada bahaya permanen pada sendi dan kemungkinan menyebarkan kerusakan pada ginjal.

Gejala Asam Urat dan Cara Mencegah Asam Urat

Sebagaimana yang dilansir dari laman My Health Tips, Kamis (13/11/2014), ada beberapa gejala umum yang akan membantu anda dalam mengidentifikasi asam urat. Pertama, terlalu sering merasa sakit pada sendi, kemerahan, dan pembengkakan yang disertai pembesaran pada bagian kaki yang mengalami asam urat. Salah satu metode terbaik untuk menghindarinya adalah dengan menjaga kontrol diet dan mengecek secara rutin peningkatan asam urat dalam tubuh.

Kedua, tubuh memiliki substansi alami bernama purin yang berafiliasi dengan asam urat. Karena itu, anda harus membagi makanan yang memiliki purin. The American Medical Association telah menyarankan beberapa makanan untuk orang-orang yang menderita asam urat, seperti misalnya karbohidrat kompleks dengan kaya serat, biji-bijian, buah-buahan segar dan sayuran.

Ketiga, sebaiknya anda lebih menyukai makanan dengan kandungan protein rendah yang bisa diperoleh dari daging tanpa lemak, unggas, dan kedelai. Untuk porsinya adalah 30 persen lemak nabati dan 10 persen positif.

Loading...
Gejala Dan Cara Mencegah Asam Urat | inicarak | 4.5