Gejala dan Tanda-tanda Terkena Sakit Usus Buntu | IniCaraku.com

Gejala dan Tanda-tanda Terkena Sakit Usus Buntu

Usus buntu adalah suatu kantung yang terhubung pada usus penyerapan serta bagian kolon menanjak dari usus besar. Meski belum jelas apa fungsinya, namun saat usus buntu sakit, maka bagian tubuh disekitarnya akan mudah mengalami infeksi dan peradangan. Jika sudah terlalu parah, penyakit usus buntu ini bisa mengharuskan penderitanya untuk menjalani operasi.

Usus buntu yang meradang biasanya ditemukan setelah kondisinya parah, padahal kondisi yang parah bisa mengancam kehidupan. Untuk itu kenali gejala dan ciri-ciri radang usus buntu.

1. Perut terasa nyeri di daerah pusar
Biasanya orang sering salah kira karena menganggap hal ini adalah sakit maag. Ini disebabkan karena saraf dari usus buntu sama dengan saraf dari bagian lambung/maag. Namun, lama kelamaan rasa sakit ini akan berpindah ke sisi kanan bawah perut sesuai dengan letak usus buntu

2. Badan jadi demam
Gejala usus buntu bisa meniru orang sakit perut yang disertai dengan demam, menggigil dan gemetar. Tapi jika demam lebih dari 39 derajat celsius dan disertai nyeri perut parah yang bisa membuat orang tidak dapat berdiri, ada kemungkinan itu usus buntu.

3. Konstipasi (sembelit) atau diare
Seperti banyak gejala lain, kondisi ini akan terjadi setelah orang mengalami sakit perut. Jika diare yang disertai dengan banyak lendir dan sakit perut kanan bawah, pergilah ke dokter.

4. Rasa mual dan muntah
Pasien bisa memiliki nafsu makan rendah selama beberapa hari yang disertai mual dan muntah ringan. Jika membaik setelah 1-2 hari maka kemungkinan bukan usus buntu. Tapi jika memburuk dan disertai dengan demam serta nyeri kanan bawah sebaiknya segera mencari bantuan medis.

5. Perut kembung
Jika pergi tidur dalam keadaan baik tapi bangun tidur dengan rasa sakit, sebaiknya berhati-hati. Serta jika perut sering merasa kembung dan penuh gas tapi mengalami kesulitan buang gas dan nyeri usus.

6. Perut yang sakit dan tegang
Saat radang atau sakit usus buntu sudah parah maka tandanya adalah sakit perut yang luar biasa dan disertai dengan kondisi perut yang tegang atau terasa keras. Ini adalah tanda kalau penderita harus segera melakukan operasi karena kantung usus buntu sudah mengalami kebocoran.

Bila terjadi gejala usus buntu dalam waktu tiga hari berturut-turut, penderita harap segera menghubungi dokter atau datang ke rumah sakituntuk mendapatkan perawatan medis sehingga bisa langsung dioperasi, akan tetapi jika gejala usus buntu dibiarkan lebih dari satu minggu, maka perawatan medis serius sangat diperlukan untuk meredakan radang usus yang terjadi sebelum penderita melakukan operasi penyembuhan.