Loading...

Gejala Kanker Usus Besar yang Harus Anda Ketahui

Kanker usus besar atau yang disebut juga dengan kanker kolorektal termasuk salah satu jenis kanker yang cukup mematikan. Untungnya, gejala kanker usus besar ini mudah dikenali.

Seperti yang dikutip dari Okezone, dokter spesialis penyakit dalam, Hematologi-Onkologi Medik RSCM, Dr. Cosphiadi Irawan, SpPD-KHOM, menjelaskan bahwa salah satu cara yang paling mudah untuk mengenali gejala kanker usus adalah dengan memerhatikan pola (buang air besar). Di antaranya adalah dari bentuk feses, sembelit atau diare berkepanjangan, bahkan juga munculnya bercak darah di feses.

Pada saat buang air besar feses akan terlihat sangat merah atau berwarna sangat gelap. Selain itu, diare atau sembelit tanpa sebab yang jelas dan berlangsung lebih dari enam pekan.

loading...

Selain itu, gejala kanker usus besar juga bisa dikenali dengan adanya penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas dan rasa nyeri atau punggung.

Kemudian, perut yang masih terasa penuh atau kembung meski sudah buang air besar juga merupakan salah satu gejala dari kanker usus besar.

Kadang-kadang, kanker bisa menjadi penghalang dalam usus besar dan menimbulkan beberapa gejala, seperti kesakitan, sulit buang air besar, dan rasa kembung di perut. Namun, ada banyak juga orang yang tidak mengalami gejala kanker usus besar pada stadium awal.

Loading...
Gejala Kanker Usus Besar yang Harus Anda Ketahui | inicarak | 4.5