Loading...

Gejala Penyakit Kandung Empedu yang Harus Diwaspadai

Kandung empedu adalah organ kecil yang terletak di dekat pertengahan perut daerah tubuh. Organ ini terhubungkan dengan hati dan usus dua belas jari melalui saluran empedu.

Fungsi dari kandung empedu adalah sebagai tempat menyimpan cairan empedu dan memekatkan cairan empedu yang ada didalamnya dengan cara mengabsorpsi air dan elektrolit. Kandung empedu berbentuk seperti buah pir dengan panjang 7-10 cm yang mampu menyimpan sekitar 50 ml empedu yang dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan.

Ketika fungsi dari kandung empedu ini terganggu, maka bisa menyebabkan permasalahan yang serius pada tubuh.

Penyakit kandung empedu adalah penyakit yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Pasalnya, pada kondisi tertentu bila hal itu dibiarkan komplikasi maka bisa menyebabkan kanker kandung empedu.

Kanker empedu bisa menyerang seseorang yang biasanya memiliki masalah dengan berat badan. Penyebabnya bisa karena gaya hidup yang tidak sehat seperti, merokok dan sering minum minuman beralkohol.

Cara terbaik untuk mencegah penyakit kandung empedu tentunya adalah dengan cara mendeteksi dini keberadaannya. Untuk melakukan pencegahan, maka sangat penting bagi setiap orang untuk dapat mengenali gejala-gejala dari penyakit kandung empedu.

Gejala Penyakit Kandung Empedu

Gejala khusus penyakit kandung empedu dapat bervariasi tergantung masalah kandung empedu yang dimiliki. Namun demikian, kebanyakan gejala dari kandung empedu yang muncul adalah nyeri di daerah perut bagian atas, baik kanan atas atau tengah.

Berikut adalah beberapa gejala yang sering terjadi bila seseorang menderita penyakit kandung empedu:

  • Sakit perut yang parah
  • Nyeri dari tulang belikat kanan ke belakang
  • Rasa sakit yang memburuk setelah makan, terutama lemak atau makanan berminyak
  • Nyeri yang terasa tajam dan kram
  • Rasa sakit yang meningkat ketika bernapas dalam-dalam dan nyeri dada
  • Mulas, gangguan pencernaan dan gas yang berlebihan. Selain itu, penderita akan merasa mual dan muntah.
  • Kemudian, penderita batu empedu biasanya mengalami demam dan gemetar disertai menggigil
  • Penyakit kuning yang biasanya ditandai dengan menguningnya kulit dan mata
  • Perubahan warna feses yang tidak biasa, seperti tanah liat.

Bila anda merasakan gejala-gejala kandung empedu seperti yang tersebut di atas, maka ada baiknya bila anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat mengenai masalah yang anda alami. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar anda bisa kembali memiliki saluran pencernaan yang lancar. Demikian sebagaimana yang dikutip dari laman Okezone.

loading...
Loading...
Gejala Penyakit Kandung Empedu yang Harus Diwaspadai | inicarak | 4.5