Loading...

Gosok Gigi, Cara Tepat Cegah Karies pada Gigi

Menggosok atau menyikat gigi bukanlah sekedar membersihkan gigi dari sis-sisa makanan. Ada manfaat sehat dibalik menggosok gigi, yaitu bisa untuk mencegah gigi berlubang.

Gigi berlubang atau yang juga dikenal dengan istilah karies gigi bisa dicegah dengan merawat dan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu saat pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Menurut Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Drg Zaura Anggraini, seperti dikutip dari laman republika, pada malam hari, aktivitas mulut berkurang dan secara otomatis air liur juga berkurang saat malam hari. Hal ini mengakibatkan jumlah bakteri di dalam mulut meningkat dua kali lipat.

loading...

Sisa makanan lalu akan difermentasi oleh bakteri menjadi asam. Nah, asam inilah yang berbahaya karena melarutkan mineral gigi sehingga mengakibatkan karies.

Selain dengan menggosok gigi, melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi secara berkala atau setiap enam bulan sekali sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya karies gigi sejak dini.

Loading...
Gosok Gigi, Cara Tepat Cegah Karies pada Gigi | inicarak | 4.5