Loading...

Harus Dihindari! Inilah Penyebab Wanita Sulit Hamil

Ingin segera hamil dan memiliki momongan tentunya adalah impian setiap wanita yang baru menikah. Namun apa daya, meski sudah ditunggu bahkan hingga bertahun-tahun kehadiran seorang buah hati di tengah keluarga tidak juga kunjung hadir tanda-tandanya.

Wanita yang sudah menikah lebih dari setahun namun belum juga bisa hamil mungkin akan dianggap mandul. Meski tidak selalu yang mandul adalah si wanita, karena pria juga bisa mengalami kemandulan atau infertilitas.

Seorang wanita yang ingin bisa cepat hamil maka harus menghindari faktor yang memicu ketidaksuburan. Karena kehamilan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya usia wanita sudah diatas 35 tahun akan memiliki resiko kehamilan lebih kecil. Sementara itu, lingkungan dan juga gaya hidup juga bisa mempengaruhi seorang wanita bisa hamil dengan cepat.

Penyebab Wanita Sulit Hamil

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kesempatan seorang wanita untuk bisa hamil. Bila hal ini bisa dihindari, maka kemungkinan untuk bisa cepat hamil dan juga memiliki anak yang sehat akan lebih besar.

1. Obesitas

Obesitas atau berat badan yang berlebih bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan masalah ovulasi pada wanita. Dikatakan bahwa dalam sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Fertility and Sterility, bahwa wanita yang mengalami obesitas pada usia 18 tahun lebih bisa memicu sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan masalah kesuburan.

2. Indeks massa tubuh (IMT) kecil

Selain karena obesitas, satu studi juga menunjukkan bahwa wanita dengan IMT kecil atau di bawah 20 akan lebih sulit untuk bisa hamil. Kekurangan lemak bisa mengacaukan hormon yang membuat wanita lebih subur. Jadi, berapapun tinggi badan anda, pastikan anda memiliki berat badan ideal agar Indeks Massa Tubuh anda cukup. Silah baca bagaimana cara menghitung dan mengetahui indeks massa tubuh yang ideal.

3. Kurang tidur

Kurang tidur dikaitkan dengan penurunan leptin yang mengatur siklus subur wanita. Produksi leptin yang rendah bisa mengganggu siklus subur wanita, yang pada gilirannya bisa mempengaruhi kesuburan. Karena itu, pastikan untuk mengatur jadwal tidur yang cukup agar produksi leptin terjaga.

4. Stres

Tingkat stres yang tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko infertilitas. Wanita dengan kadar alpha-amilase (hormon stres) yang tinggi ditemukan memiliki kesempatan hamil yang lebih kecil daripada wanita dengan tingkat alpha-amilase rendah.

5. Merokok

Ada banyak bahaya kesehatan yang terkandung dalam setiap asap rokok yang anda hisap. Selain merupakan faktor risiko utama untuk paru-paru dan kanker payudara, kebiasaan merokok juga bisa mempengaruhi kemungkinan seorang wanita untuk cepat hamil. Tidak hanya itu saja, karena merokok juga dapat membahayakan janin yang sedang berkembang. Bahkan satu studi 2014 mengatakan bahwa wanita merokok juga bisa mempengaruhi kesuburan anaknya.

Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan yang harus dihindari untuk meningkatkan kesempatan wanita untuk hamil dan memiliki anak yang sehat sebagaimana yang dikutip dari laman Zeenews.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

kecelakaan sepeda motor apakah dapat mempengaruhi kesuburan wanita
Harus Dihindari! Inilah Penyebab Wanita Sulit Hamil | inicarak | 4.5