Loading...

Haruskah Anak Batita Menyikat Gigi?

Untuk menjaga kesehatan gigi, anak perlu dibiasakan untuk menyikat gigi, termasuk juga anak yang masih usia batita. Mengajarkan anak usia batita menyikat gigi ini sebenarnya adalah bertujuan untuk membiasakan saja, agar nanti ketika sudah mulai banyak tumbuh giginya anak sudah terbiasa untuk membersihkan gigi dengan menggosok gigi.

Drg. Lala Iwan, dokter gigi dari Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Bandung, seperti yang dikutip dari Okezone menjelaskan bahwa “Yang bisa dilakukan ibunya bagi anak yang memiliki batita ialah memakai kain kasa. Tujuannya, agar gigi yang baru tubuh tetap bersih dan jauh dari plak (pemicu gigi berlubang)”. Lebih lanjut ia menambahkan bahwa yang harus melakukannya ialah ibu sendiri. Atau bisa dikatakan, anak tidak boleh melakukannya sendiri. Kemudian setelah minum susu kepada anak, orangtua juga harus memberi minum air putih. Hal itu agar bekas air susunya tidak menempel di lapisan gigi anak.

“Bagaimanapun susu itu manis rasanya dan hal itu bila menempel di gigi anak dalam waktu lama sehingga bisa berefek buruk. Karena itu, orangtua harus memberikan air putih. Itu untuk meluruhkan bekas air susu yang diminum,” terangnya.

loading...

Adapun saat anak sudah pantas memakai sikat gigi anak, maka orangtua harus mengajarkan sekaligus mendampinginya. Hal itu dimaksudkan agar kegiatan menyikat gigi apakah itu pagi atau malam menjadi kebiasaan dalam kesehariannya.

“Iklan-iklan cara mengajarkan anak sakit gigi kan bagus, itu bisa menjadi acuan. Namun terpenting, orangtua harus mendampingi. Misalnya digendong si anak di depan kaca saat mengajarkan menyikat gigi di awal,” terangnya.

Loading...
Haruskah Anak Batita Menyikat Gigi? | inicarak | 4.5