Loading...

Hati-hati, Gigi Berlubang Bisa Merusak Otak!

Ada banyak efek buruk jika Anda mempunyai gigi yang berlubang. Salah satunya ternyata adalah bisa merusak fungsi otak.

Hal ini bisa terjadi pada kasus gigi berlubang sering terjadi abses (penimbunan nanah) dan tidak segera dilakukan penanganan. Sehingga bakteri yang tertimbun dalam abses atau gigi berlubang masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebar. Inilah yang jadi pemicu awalnya.

Menurut drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent., MDSc seorang praktisi dokter gigi, ada miliaran bakteri yang hidup di mulut, ditambah bila seorang mengalami abses atau menimbun nanah di gigi berlubang, itu merupakan kumpulan bakteri juga. Dan bahayanya adalah ketika semua bakteri itu masuk ke pembuluh darah, bercampur ke dalam darah. Maka tinggal menunggu berhentinya saja, entah ke jantung, sendi, ginjal atau otak. Pokoknya mereka akan berhenti dan menggerogoti di organ yang sedang lemah.

loading...

Ditambahkannya, bila bakteri sudah berhenti di otak. Kondisi ini akan sangat menggangu kehidupan seseorang, pasalnya bisa membuat fungsi otak terganggu. Sehingga kualitas hidup dan aktivitas harian juga pasti drastis menurun.

Lebih lanjut menurut Afifah, jika bakteri sudah menempel di otak, maka itu sudah pasti fatal akhirnya. Sebab sudah bisa dipastikan akan menggrogoti sel-sel dalam otak. Di mana otak itu ibarat sebuah CPU komputer, jika sudah terkena virus maka bisa dibayangkan dong bagaimana akhirnya?

Loading...
Hati-hati, Gigi Berlubang Bisa Merusak Otak! | inicarak | 4.5