Loading...

Hati-hati, Ibu Hamil Rentan Terkena Diabetes!

Meskipun wanita mempunyai hormon estrogen yang dapat melindungi wanita dari berbagai serangan penyakit, namun wanita juga mempunyai resiko yang sama dengan terhadap penyakit diabetes.

Menurut Staf Divisi Metabolik Endrokrinologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Dyah Purnamasari, SpPD, pada fase kehamilan, resiko diabetes bisa dikenali karena ada hormon yang dikeluarkan untuk menjaga bayi. Seperti hormon HPL (Human Placental Lactogen), hormon plasenta, dan HCG (Human Chorionic Gonadotrophin).

Menurut Dyah, hormon ini akan mengganggu kerja insulin. Dan seiring berkembangnya kehamilan, hormon ini akan meningkat.

loading...

Oleh karenanya, ibu hamil disarankan untuk melakukan skrining. Skrining dilakukan pada awal kehamilan. Jika hasilnya negatif, maka perlu dilanjutkan pada bulan ke-3 karena hormon ini sedang meningkat, jelas Dyah.

Untuk mencegah diabetes pada wanita hamil, selain melakukan skrining, wanita hamil juga disarankan melakukan aktivitas fisik secara rutin 30 menit sehari, berenang, sepeda statis (3x seminggu), berjalan atau olahraga tangan ketika duduk selama 10 menit tiap selesai makan. Dan yang terpenting adalah menjaga pola makan.

Panduan Cara Cepat Hamil

Loading...
Hati-hati, Ibu Hamil Rentan Terkena Diabetes! | inicarak | 4.5