Loading...

Hati-hati, Pelaku MLM Piramida Bisa Dipenjara 10 Tahun dengan Denda 10 Milyar

Pemerintah akan menindak pelaku bisnis model multi level marketing (MLM) yang menggunakan skema MLM piramida, yaitu hukuman penjara 10 tahun dengan denda Rp 10 miliar.

Seperti yang disampaikan oleh Srie Agustina, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Rabu (2/4/2014), “Sanksinya bisa 10 tahun penjara dengan denda Rp 10 miliar. Kenapa sebesar itu? Karena itu merugikan, bisa merusak tatanan perdagangan dan juga mengganggu konsumen”.

Seperti yang dilansir laman nefosnews, pemberian sanksi berupa pidana ini baru pertama kali ditetapkan pemerintah. Karena selama ini sanksi yang diberikan terhadap MLM skema piramida hanya bersifat administratif.

loading...

Selama ini penipuan berkedok MLM marak terjadi di mana-mana. Srie mengakui bahwa sudah ada banyak korban yang melapor tentang bisnis ini. Sebenarnya bisnis dengan model MLM boleh-boleh saja, yang dilarang adalah bisnis MLM dengan skema piramida atau skema ponzi (money game).

Bisnis MLM piramida atau yang dikenal dengan istilah money game adalah sebuah sistim usaha yang merekrut orang lain agar mendapatkan penghasilan besar dari orang yang direkrut tersebut.

Loading...
Hati-hati, Pelaku MLM Piramida Bisa Dipenjara 10 Tahun dengan Denda 10 Milyar | inicarak | 4.5