Loading...

Hati-hati, Seks Oral Bisa Sebabkan Kanker Tenggorokan

Human Papillomavirus atau disingkat dengan HPV adalah infeksi yang menyebabkan kutil di kelamin. Di negara Inggris, penyakit ini adalah jenis penyakit menular seksual kedua yang paling umum setelah klamidia. Pada kebanyakan kasus, infeksi HPV ini tidak menimbulkan gejala nyata dan bisa sembuh sendiri tanpa menyebabkan masalah.

Ada lebih dari 100 strain HPV yang berbeda dan beberapa bisa memicu kanker. Kebanyakan kasus kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe rendah yakni virus 6 dan 11. Infeksi HPV risiko tinggi, HPV 16 dan 18 bisa menyebabkan kanker serviks pada wanita serta kanker penis, vulva, vagina, anus, mulut, dan juga tenggorokan.

Untuk penyebaran HPV ini menyebar melalui kontak dari kulit ke kulit. Infeksi HPV juga bisa menyebar melalui seks oral. Prosesnya sendiri bisa memakan waktu hingga satu tahun untuk menyebabkan kutil berkembang setelah infeksi HPV. Ketika sudah ada kutil, HPV paling mungkin ditularkan kepada orang lain. Namun demikian, virus juga bisa menular sebelum kutil berkembang atau setelah virus menghilang.

loading...

Loading...
Hati-hati, Seks Oral Bisa Sebabkan Kanker Tenggorokan | inicarak | 4.5