Loading...

Ibu Hamil Sebaiknya Periksa Ke Dokter Minimal Empat Kali

Menjelang melahirkan, agar semua proses persalinan bisa berjalan lancar maka dibutuhkan dorongan semangat dari keluarga. Demikian menurut salah satu pendiri gerakan ‘Selamatkan Ibu’ dr. Sophia B Hage, saat diwawancarai oleh Liputan6.com, Rabu (19/6/2013).

Selain itu, calon ibu juga harus paham bahwa perlu dilakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter atau bidan secara teratur. “Berapa kali pemeriksaan pada saat hamil itu sebenarnya pengetahuan yang paling dasar,” tambahnya.

Menurut dr. Sophia, selama sembilan bulan hamil, minimal ibu hamil harus memeriksakan diri ke dokter sebanyak empat kali seorang ibu harus memeriksakan diri ke dokter. Selain itu juga harus menjaga pola hidup sehat.

loading...

Pada masa kehamilan trisemester pertama, ibu hamil harus memeriksakan diri sekali. Kemudian dua kali pemeriksaan pada trisemester 2 dan terakhir pada trisemester 3 sekali. Ini semua dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan calon bayi.

“Kapan saja pemeriksaan itu? Trisemester 1 sekali, Trimester 2 dua kali, Trisemester 3 sekali,” jelas dokter residen bidang Kedokteran Olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Panduan Cara Cepat Hamil

Loading...
Ibu Hamil Sebaiknya Periksa Ke Dokter Minimal Empat Kali | inicarak | 4.5