Loading...

Ini Alasan Kenapa Wanita Lebih Sering Menangis Daripada Pria

Kebanyakan wanita memang seringkali tidak bisa menahan air mata ketika terharu, jatuh, luka dan sebagainya. Namun tahukah Anda tahu kalau cairan yang keluar dari mata merupakan campuran air, minyak, dan lendir?

Air yang keluar dihasilkan oleh kelenjar lacrimalis di sudut mata, sementara minyak berasal dari kelenjar meibom yang terdapat di kelopak mata dan perannya untuk menahan air dan mencegahnya menguap terlalu cepat.

Lendir ini dibuat oleh sel goblet konjungtiva pada permukaan mata, dan membantu mengikat air mata. “Tiga komponen ini membuat lapisan air mata tidak stabil’, kata Geoffrey Rose, seorang dokter mata dan consultant ophthalmologist at Moorfields Eye Hospital, London.

loading...

Menurut Geoffrey, Ada tiga jenis air mata yaitu ‘Basal’ air mata yang menutupi mata untuk tetap lembab. ‘Reflex’ air mata yang dihasilkan sebagai respons terhadap iritasi. Dan ’emosional’, air mata terwujud untuk menanggapi perasaan.

“Hormon juga mempengaruhi seorang wanita lebih sering menangis dibandingkan pria. Testosteron juga menghambat sebuah tangisan,” jelas Geoffrey, seperti dilansir Dailymail, Kamis (14/3/2013).

Loading...
Ini Alasan Kenapa Wanita Lebih Sering Menangis Daripada Pria | inicarak | 4.5