Loading...

Ini Cara Mengatasi Diare pada Anak Balita

Jajanan murah meriah kini banyak dijual, baik dilingkungan sekolah maupun sekitar rumah. Sayangnya, tidak semua jenis jajanan tersebut bersih dan sehat. Padahal, makanan yang tidak bersih dan sehat bisa menyebabkan anak terkena diare.

Selain dialami oleh orang dewasa, penyakit diare yang ditandai oleh perut mulas atau melilit, meriang, serta terus-menerus buang air besar (BAB) encer ini juga sering dialami oleh anak-anak. Penyebab diare pada anak biasanya adalah karena makanan atau minuman yang dikonsumsi kurang higienis.

Menurut dr Dyah Novita Anggraini, sebagaimana yang dikutip dari laman Okezone, ada yang perlu diperhatikan dalam cara menghindari diare, salah satunya yang paling mendasar adalah mencuci tangan dengan air bersih mengalir setelah berpergian di luar rumah dan saat ingin menyiapkan makanan.

Selain dengan cara mencuci tangan, diperlukan juga makanan pencegah diare, makan dengan asupan nutrisi yang bergizi dan seimbang, dengan mencakup asupan karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah.

loading...

Selain itu air minum yang dikonsumsi juga harus air yang sudah matang atau yang sudah direbus sebelumnya. Terutama apabila anak anda mengonsumsi susu formula, perhatikan dengan teliti air yang digunakan untuk pembuatan susu. Dan juga usahakan makan dengan makanan buatan rumah, saat musim hujan seperti ini.

loading...
Loading...
Ini Cara Mengatasi Diare pada Anak Balita | inicarak | 4.5