Loading...

Ini Cara Mengobati Bila Kulit Digigit Serangga

Beberapa jenis serangga, meski memiliki bentuk tubuh yang kecil namun seringkali terasa sangat mengganggu. Serangan dari serangga seperti nyamuk, tawon dan ulat bulu seringkali membuat rasa tidak nyaman.

Digigit serangga bisa kapan saja terjadi dan tentunya tanpa kita inginkan. Walaupun akibat digigit serangga ini tidak serius, namun tetap saja kita harus menghindarinya. Ini karena gigitan serangga seperti nyamuk, lebah, tawon, semut, dan ulat bulu bisa menyebabkan kulit anak menjadi bengkak, gatal, dan nyeri disertai kemerahan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips pertolongan pertama pada kasus gigitan serangga. Berikut adalah langkah yang bisa kita lakukan saat mendapati anak atau mungkin kita sendiri yang digigit serangga.

Cara Mengobati Sengatan Lebah atau Tawon

Saat terkena sengatan lebah, bisa jadi masih ada sengat yang tertinggal di kulit. Karena itu lepaskan dulu sengat lebah yang masih tertinggal pada kulit anak. Selanjutnya beri kompres dingin pada gigitan untuk mengurangi rasa nyeri dan gatal. Beri salep antihistamin yang dijual bebas di apotek. Beri sirup parasetamol sesuai aturan pakai.

Cara Mengobati Gigitan Nyamuk

Untuk cara mengobati gatal atau bentol akibat digigit nyamuk, maka terlebih dahulu harus kita bersihkan dengan air dan sabun pada bagian kulit yang digigit. Lalu, oles dengan balsem telon khusus bayi dan anak yang dapat meredakan rasa.

Digigit nyamuk mungkin tidak akan memberikan efek besar bagi kita. Hanya biasanya akan muncul bentol merah dan gatal. Yang dikhawatirkan dari gigitan nyamuk adalah bila nyamuk tersebut membawa toksin demam berdarah atau malaria.

Untuk cara mencegah digigit nyamuk, anda dan keluarga bisa mengaplikasikan lotion anti-nyamuk. Adapun menurut The Center for Disease Control and Prevention, lotion anti nyamuk yang aman mengandung tak lebih dari 10 persen DEET (dalam kemasan tertulis N-diethyl-meta-toluamide), lemon eucalyptus, atau picaridin.

Cara Mengobati Gatal Karena Terkena Ulat Bulu

Terkena ulat bulu bisa menyebabkan gatal seluruh tubuh. Karenanya, untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan cara membalurkan kunyit parut pada kulit untuk menghilangkan rasa nyeri dan panas. Kandungan kurkumin kunyit berfungsi untuk meredakan peradangan. Hal itu dibuktikan oleh Julie S.Jurenka, staf penelitian dari Alternative Medicine Review (2009).

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

bolehkah balsem untuk obat gatal digigit serangga / ulat?, gigitan nyamuk tapi seperti kena ulat bulu, obat oles gatal digigit serangga atau ulat
Ini Cara Mengobati Bila Kulit Digigit Serangga | inicarak | 4.5