Loading...

Ini Caranya Biar Vagina Tetap Harum

Vagina yang bau bisa menjadi indikasi adanya gangguan pada organ intim wanita, misalnya saja karena adanya infeksi vagina. Selain karena infeksi, vagina yang bau juga bisa disebabkan karena kurang menjaga kebersihan vagina serta karena jarang mengganti pembalut atau tampon dalam waktu yang lama.

Munculnya bau tak sedap pada vagina tentu tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Pasalnya, selain sebagai indikasi adanya gangguan, vagina yang bau juga bisa menjadi pengganggu keharmonisan dalam hubungan suami istri,

Bila anda bermasalah dengan bau vagina, anda tidak perlu khawatirm karena beberapa kebiasaan sehari-hari berikut bisa membantu mencegah terjadinya bau pada vagina dan menjaganya tetap sehat.

loading...

Seperti yang dikutip dari laman Healthmeup, berikut beberapa tips cara menjaga vagina agar tetap bersih dan sehat.

1. Mandi air panas
Selain membuat tubuh menjadi lebih rileks, mandir air dengan panas juga akan menghambat pertumbuhan bakteri alami dalam vagina.

2. Diet
Gula bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi di vagina. Sementara itu, yogurt bisa menghasilkan bakteri yang bermanfaat dalam menyeimbangkan pH di area intim wanita. Karena itu, kurangi gula dan tingkatkan asupan yoghurt dalam diet harian anda.

3. Konsumsi obat
Bau vagina juga bisa akibat dari adanya masalah kesehatan yang serius seperti penyakit menular seksual, vaginosis bakter atau kanker serviks. Karena itu, sebaiknya anda kunjungi dokter ahli. Setelah mengidentifikasi infeksi, para medis akan menyarankan anda untuk mengonsumsi obat yang diperlukan dalam mengurangi infeksi.

4. Kenakan pakaian yang pas
Pakaian berbahan katun dapat menyerap keringat secara maksimal. Karena itu, untuk cuaca panas dan lembab atau selama musim hujan, sebaiknya kenakan pakaian yang baik untuk kulit dan menyisakan sirkulasi, yaitu dari bahan katun. Ini sangat penting untuk mengurangi bau pada vagina.

5. Ganti pembalut
Memakai pembalut terlalu lama bisa membuat bakteri dalam vagina berkembang biak. Selain mengganti pembalut sesering mungkin, juga hindari memakai sabun yang beraroma saat mencuci atau membersihkan vagina, karena bisa mempengaruhi keseimbangan bakteri di vagina. Gunakanlah sabun khusus kewanitaan.

Loading...
Ini Caranya Biar Vagina Tetap Harum | inicarak | 4.5