Loading...

Ini Dia Cara Mudah Mengetahui Telur yang Busuk

Manfaat telur sangat baik untuk dikonsumsi karena kaya akan kandungan nutrisi. Salah satunya adalah protein yang merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh. Protein yang bersumber dari hewan, termasuk telur, ini disebut protein lengkap karena di dalamnya terkandung sembilan asam amino esensial. Sementara itu untuk protein nabati dianggap kurang lengkap karena tidak memiliki satu atau lebih asam amino esensial.

Silahkan baca: Manfaat makan telur rebus di pagi hari

Namun tidak selalu telur baik untuk dikonsumsi. Ada kondisi dimana telur bisa saja menjadi busuk. Telur yang sudah busuk ini tentu saja selain tidak enak karena memang berbau busuk, juga bisa membawa berbagai bakteri yang pada akhirnya bisa menyebabkan perut diare serta masalah gangguan pencernaan.

loading...

Anda tentunya tidak ingin tanpa sengaja memasak telur yang sudah busuk bukan?

Nah, untuk itu kita perlu mengetahui telur yang sudah busuk, baik itu telur ayam, bebek ataupun burung puyuh.

Gambar Cara Mengetahui Telur yang Busuk

Telur Busuk Akan Mengambang di Dalam Air

Cara Mengetahui Telur yang Sudah Busuk atau masih Baik Kondisinya

Setidaknya ada tiga cara untuk mengetahui telur sudah busuk yang bisa dilakukan dengan mudah. Diantaranya:

1. Menggelamkan telur di dalam air

Cara ini yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui kondisi telur masih baik ataukah sudah busuk.

Anda bisa mengetahui apakah telur sudah busuk atau masih baik dengan mudah. Caranya adalah dengan meletakkan air dalam sebuah mangkuk kemudian letakkan telur di dalamnya. Jika telur masih baik, maka telur akan tenggelam. Sementara bila mengambang atau miring ke atas, itu artinya telur sudah busuk dan tidak bisa lagi dikonsusi.

Metode seperti ini bisa dilakukan karena seiring dengan bertambahnya usia telur, maka kantong udara kecil yang ada di cangkangnya akan mengembang. Itu akan membuat telur tersebut lebih mudah terapung.

2. Meneropong telur

Proses ini disebut juga dengan istilah candling. Anda bisa menggunakan bantuan sebuah nyala api dari lilin. Namun sebelumnya anda harus matikan dulu lampu dalam ruangan. Baca: Cara membuat alat penghemat listrik

Dengan posisi telur digenggam menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, anda bisa lihat, bila bagian dalam telur terlihat terang atau cerah itu menandakan bahwa kondisi telur masih baik, namun bila terlihat gelap atau buram maka kemungkinan besar bahwa telur tersebut sudah busuk atau kurang baik.

Selain dengan lilin, anda juga bisa menggunakan sorot nyala lampu senter atau langsung dengan sinar matahari.

3. Cium dari baunya

Ini adalah metode yang juga bisa dibilang sangat ampuh. Telur memiliki cangkang yang sangat kuat, sehingga meski telur sudah dalam kondisi busuk, tidak akan ada bau yang bisa tercium dari luar. Karenanya, anda bisa mencium dari baunya untuk mengetahui apakah telur sudah busuk atau masih baik setelah memecahkan cangkangnya. Baca: cara mengupas telur puyuh

Bila tercium bau yang tidak wajar dari sebuah telur, itu berarti telur sudah busuk. Jika baunya sudah tidak sedap lagi, sebaiknya telur jangan dimasak, apalagi dimakan.

Baik kuning telur atau putih telur, semuanya baik untuk dikonsumsi atau bisa dimanfaatkan untuk lainnya seperti

Ingat, telur yang sudah busuk mengandung banyak bakteri yang bisa saja akan membuat tubuh anda menjadi sakit. Karenanya, jangan sekali-kali memaksakan untuk mengonsumsi telur yang sudah busuk.

Loading...

Hasil pencarian:

apa khasiat telor kambing
Ini Dia Cara Mudah Mengetahui Telur yang Busuk | admin | 4.5