Loading...

Ini Lho, Penyebab Perut Bunyi Saat Lapar

Perut bunyi paling sering terjadi pada saat kita lapar. Apalagi ketika kita sedang puasa di bulan Ramadhan, perut jadi semakin sering bunyi saat siang hari. Sebab selama hampir 14 jam tidak akan ada bahan makanan yang masuk ke dalam perut.

Perlu diketahui bahwa tidak ada hubungannya antara rasa lapar dengan perut kosong. Seperti yang dikutip dari laman tribunnews, rasa lapar itu mulai datang ketika bahan-bahan yang bergizi hilang di dalam darah. Bila itu terjadi, maka pembuluh-pembuluh darah akan memberi pesan ke bagian otak yang dinamakan pusat rasa lapar. Selama darah mendapatkan makanan yang cukup maka pusat rasa lapar akan memperlambat gerak perut.

Namun kalau sari makanan tadi hilang dari darah, pusat rasa lapar akan membuat perut akan menjadi lebih aktif. Saat lapar perut kita dalam keadaan kosong dan ketika diisi makanan perut kita akan lebih padat dan tidak ada ruangan kosong lagi.

loading...

Setelah 6 jam kemudian, hampir semua makanan yang masuk tadi sudah tercerna. Lambung dan usus adalah alat pencernaan di dalam perut yang selalau bergerak tanpa henti karena fungsinya yang mencerna makanan. Apabila semua makanan sudah dicerna, maka di dalam organ ini jelas tidak ada makanan dan hanya tersisa udara.

Lambung dan usus yang terus bergerak, membuat udara yang ada akan terdorong kesana dan kemari. Dan membuat bunyi di dalam perut ketika Anda sedang lapar atau keroncongan.

Nah, terjawab sudah teka-teki kenapa perut kita sering bunyi saat siang hari di bulan Ramadhan. Jadi bukan karena cacing di perut sedang demo yaaa..

Loading...
Ini Lho, Penyebab Perut Bunyi Saat Lapar | inicarak | 4.5