Loading...

Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Makan Sahur dan Buka Puasa

Menjaga pola makan menjadi kunci penting agar saat berpuasa tidak terganggu. Karena itu, semua makanan yang akan dikonsumsi saat makan sahur dan buka puasa harus diperhatikan dengan benar.

Terutama yang memiliki riwayat sakit maag, maka menjaga atas apa yang dimakan adalah sangat penting.

Beberapa contoh dari makanan yang harus dihindari saat puasa adalah makanan dan minuman yang bergas seperti kol, sawi, durian, makanan kering, atau minuman bersoda. Kemudian untuk sebaiknya hindari juga makan dan minuman yang bisa merangsang asam lambung. Salah satunya adalah dengan menghindari minum kopi.

KOpi termasuk jenis minuman yang harus dihindari saat puasa karena selain merangsang asam lambung juga dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami dehidrasi di siang hari. Selanjutnya minuman yang juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa pastinya adalah minuman beralkohol, anggur putih, dan juga susu full cream tidak dianjurkan.

Terkait dengan minuman susu full cream, karena jenis minuman ini sulit dicerna oleh lambung. Apabila dibiarkan, maka kondisi ini dapat membuat perut merasa kembung dan maag juga bisa kambuh.

Makanan yang mengandung lemak juga harus dihindari karena makanan jenis ini sangat sulit dicerna sehingga akan membuat lambung bekerja lebih keras. Selain itu yang perlu dihindari juga adalah cokelat dan kue tar juga harus dihindari.

Pada saat berbuka puasa, sebaiknya tidak langsung mengonsumsi makanan berat. Hal ini bertujuan agat tidak membuat lambung mendadak bekerja keras sehingga asam lambung meningkat. Karena bila dibiarkan, maka kondisi ini akan membuat dinding lambung luka dan menjadi masalah.

Jika ada orang yang banyak mengeluhkan sakit perut saat Ramadhan, maka itu bukan karena puasa yang jadi penyebabnya, namun adalah karena saat sahur dan buka puasa mereka seperti orang ‘ngamuk’. Ini lambung yang tadinya hanya diisi cuma seberapa tiba-tiba saat buka piringnya nambah dua kali tiga kali. Ini tentunya akan membuat lambung kaget karena tiba-tiba harus dipaksa untuk bekerja keras.

Untuk anda yang ingin mengonsumsi makanan berat saat berpuasa, maka kegiatan itu bisa dilakukan setelah aktivitas ibadah salat tarawih. Hal ini untuk menghindari kondisi yang tidak diharapkan.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

makanan yg harus di makan ketika sedang puasa ngadem
Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Makan Sahur dan Buka Puasa | inicarak | 4.5