Loading...

Inilah Aturan dalam Memilih Makanan untuk Sahur dan Buka Puasa

Untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan segar selama berpuasa, maka dibutuhkan tenaga ekstra. Puasa berarti frekuensi makan akan berubah dan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh juga akan berubah. Memilih menu makanan yang tepat untuk makan sahur dan buka puasa bisa membantu memberikan energi ekstra untuk berpuasa.

Saat tidak sedang berpuasa, kita bisa makan dan minum apa dan kapan saja. Namun ini tidak bisa Anda lakukan saat puasa. Agar puasa Anda tetap lancar satu bulan penuh dan tubuh tetap sehat, ada beberapa makanan yang harus dihindari saat sahur maupun berbuka puasa, demikian menurut Chef Yeni Ismayani, seperti yang dikutip dari laman kompas.

Yang harus diperhatikan saat menyiapkan makanan sahur dan berbuka adalah memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, dan serat. Tidak hanya itu saja, sebaiknya saat sahur hindari menyiapkan dan menyantap makanan-makanan yang terlalu pedas karena bisa menyebabkan sakit perut.

loading...

Makanan yang terlalu asin juga harus dihindari saat makan sahur. Ini karena makanan yang terlalu asin akan menyerap cairan dari dalam tubuh. Akibatnya, Anda jadi mudah haus saat siang hari berpuasa.

Selain itu, makanan yang terlalu asam seperti pempek dan lain-lainnya juga harus dihindari. Makanan asam sebaiknya dihindari karena zat asam ini akan terfermentasi dalam lambung dan membuat perut jadi tak nyaman.

Berbeda dengan makanan sahur, makanan untuk berbuka tidak terlalu banyak larangannya. Namun, ada baiknya untuk menghindari menyantap goreng-gorengan dan juga makanan berlemak.

Selain itu, Chef Yeni juga menyarankan untuk berbuka dengan minuman manis. Hanya saja, hindari minuman yang menggunakan pemanis buatan. Jika Anda ingin menikmati kesegaran es buah, ganti saja sirup dengan menggunakan susu kental manis dan campuran buah-buahan manis di dalamnya.

Loading...
Inilah Aturan dalam Memilih Makanan untuk Sahur dan Buka Puasa | inicarak | 4.5