Loading...

Inilah Bahayanya Menjadi Perokok Pasif

Dalam dunia medis dikenal dua istilah perokok aktif dan perokok pasif. Perokok aktif adalah orang yang mengisap rokok secara langsung, sementara perokok pasif adalah orang yang tidak merokok tetapi mengirup asap rokok yang diembuskan oleh perokok aktif.

Menurut dr. Jesslyn Valentina Jonathan dari meetdoctor.com, perokok aktif memang sangat berisiko terkena berbagai gangguan penyakit seperti jantung sampai kanker paru-paru. Namun ternyata, menjadi perokok pasif juga menimbulkan bahaya bagi kesehatan, bahkan bahayanya lebih tinggi daripada menjadi perokok aktif.

Ada sekitar 4.000 jenis zat kimia beracun yang terkandung dalam asap rokok. Ketika seseorang mengisap sebatang rokok, asap rokok yang diembuskannya serta asap yang keluar dari ujung rokok yang terbakar akan menyebar ke sekelilingnya.

loading...

Menghirup asap rokok orang lain (alias menjadi perokok pasif) lebih berbahaya tiga kali lipat dibandingkan mengisap rokok sendiri (perokok aktif). Ini karena racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Asap tersebut merupakan hasil dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.

Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar, karena racun yang ia isap lewat hidungnya tidak terfilter, sementara racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang diisap.

Lalu, apakah menjadi perokok aktif lebih baik daripada menjadi perokok pasif? Tentu saja tidak. Yang terbaik bagi kesehatan adalah bila Anda, keluarga atau lingkungan sekitar Anda tidak ada yang menjadi seorang perokok. Menjauhi lingkungan atau area tempat dimana ada orang merokok adalah cara terbaik menghindari efek buruk dari rokok.

Loading...

Hasil pencarian:

binatang reno, bahaya binatang lena, apakah hewan lenyai berbahaya, cara membasmi hewan reno, Kegunaan kopi bagi per, pembasmi reno
Inilah Bahayanya Menjadi Perokok Pasif | inicarak | 4.5