Loading...

Inilah 6 Manfaat Beras yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sebagai salah satu makanan berharga terutama bagi masyarakat kita pada umumnya, beras ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat. Karenanya meski bentuknya hanyalah butiran-butiran kecil, jangan pernah menganggap remeh kegunaannya yang mana anda pastinya akan sangat bersyukur karena bisa dengan mudah menemukan beras di seluruh daerah di Indonesia. Mau tahu apa saja manfaat beras yang belum diketahui oleh banyak orang?

Gambar Cara Membuat Masker Wajah dari Beras

Beras untuk Membuat Masker Wajah Agar Halus dan Bersinar

Manfaat Beras yang Belum Banyak Orang Ketahui

Beras biasanya dimasak atau diolah untuk menjadi nasi yang akan disantap dengan lauk dan pauk setiap harinya. Tidak jarang pula seseorang merasa belum makan bila belum menikmati nasi, meski sebelumnya ia sebenarnya ia sudah menghabiskan 3 potong roti yang membuatnya kekenyangan.

loading...

Selain sebagai makanan pokok orang Indonesia, beras juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya yang tidak kalah luar biasanya. Berikut diantaranya:

1. Membersihkan toples atau botol kaca
Membersihkan toples ataupun botol bekas tempat bumbu biasanya akan sulit untuk dilakukan. Nah, dengan menggunakan beras maka anda tidak perlu lagi merasa malas bila harus memberihkannya, karena anda bisa dengan mudah membersihkan toples ataupun botol tersebut. Caranya, ke dalam toples atau botol tersebut anda masukkan sejumlah 20 butir beras. Lalu masukkan ke dalamnya air bersih secukupnya. Tutup rapat dan kocok terus selama 10 detik. Hasilnya, semua sisa bumbu, minyak, dan lain sebagainya akan menjadi bersih seketika.

Baca juga: cara membersihkan perhiasan dari bahan perak dan emas

2. Kesegaran telur mentah bisa lebih lama
Telur biasanya hanya bisa bertahan selama beberapa minggu. Lebih dari dari maka telur akan menjadi busuk. Baca: cara mengetahui telur yang sudah busuk

Namun dengan menyimpan telur dalam beras bisa membantu menjaga kesegaran dari telur. Ini karena beras bisa membuat kondisi menjadi kering dan suhu yang pas untuk menyimpan telur mentah. Selain itu, bubuk sisa yang menempel pada beras juga bisa mencegah bakteri luar masuk ke dalam telur. Anda boleh percaya dan tidak, namun telur mentah yang disimpan dalam beras bisa bertahan 6-8 bulan.

3. Memeriksa suhu kuali
Bila anda sering bingung apakah kuali sudah panas atau belum, maka anda bisa mengetahuinya dengan cara memasukan sebutir beras ke dalamnya. Bila ternyata warna beras langsung berubah, itu menandakan bahwa kuali sudah panas.

4. Menyegarkan dan membersihkan udara
Untuk mendapatkan udara dalam ruangan agar lebih segar, anda bisa mencampurkan beberapa tetes aroma terapi atau minyak esensi dengan beras. Anda bisa membeli wadah khusus yang lebih bagus untuk menaruh beras. Sehingga bisa juga menjadi pajangan dan penyegar ruangan yang indah.

5. Membersihkan kain dan pakaian dari noda dan minyak yang menempel
Noda minyak dan tinta hitam (yang belum kering) pada kain bisa dengan mudah dibersihkan. Caranya adalah dengan menempelkan nasi matang pada noda minyak dan biarkan semalaman. Maka pada keesokan harinya minyak akan hilang bersamaan dengan keringnya nasi.

Sementara untuk membersihkan noda tinta yang belum kering. Caranya cukup dengan menggosokkan nasi matang yang masih panas pada bagian yang ternoda. Lalu bilas dengan air bersih.

6. Masker kecantikan alami
Kandungan vitamin B dan E di dalam beras sangat baik untuk menutrisi kulit. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara menumbuh beras hingga halus, campurkan dengan air, kemudian oleskan pada wajah. Maka hasilnya adalah kulit wajah anda akan langsung mulus dan bersinar. Baca juga: cara membuat masker wajah dari buah dan sayuran

Loading...
Inilah 6 Manfaat Beras yang Belum Banyak Orang Ketahui | admin | 4.5