Loading...

Jangan Anggap Sepele, Ini Cara Mudah Mengatasi Sariawan

Salah satu jenis masalah mulut yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah sariawan. Masalah gangguan pada mulut, yaitu sariawan ini perlu diwaspadai karena bisa mengganggu nafsu makan.

Walaupun sebenarnya sariawan bukanlah penyakit yang berbahaya, namun tetap saja ini perlu diwaspadai. Karena ketika seseorang mengalami sariawan maka akan muncul rasa perih ketika digunakan untuk mengunyah makanan.

Biasanya penyebab sariawan diakibatkan oleh gigitan kecil yang melukai dinding dalam pipi,atau iritasi di mulut. Selaijn itu, kurangnya gizi dan ataupun alergi makanan juga bisa memicu munculnya sariawan pada seseorang.

loading...

Adapun beberapa cara mengatasi sariwan pada mulut bisa dilakukan diantaranya adalah dengan memakai air garam. Caranya bisa dilakukan dengan mencampurkan 1/2 sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Kemudian berkumur beberapa saat dan buang. Langkah ini bisa dilakukan beberapa kali dalam satu hari.

Beberapa tindakan lain yang juga bisa dilakukan diantaranya adalah:

1. Menyikat gigi dua kali sehari.
Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut. Jika perlu, gunakan benang gigi atau dental floss satu kali setiap hari. Sering-seringlah mengganti sikat gigi saat terkena infeksi jamur. Hindari penggunaan sikat gigi bersama dengan orang lain, meskipun kerabat atau pasangan sendiri

2. Jangan gunakan obat kumur atau spray.
Hal ini untuk menghindari perubahan suasana untuk pertumbuhan flora normal mulut, kecuali sesuai rekomendasi dokter untuk obat kumur tertentu.

3. Konsumsi minuman dingin atau jus.
Jika sariawan terasa sakit saat Anda minum, maka gunakan sedotan.

4. Pilih makanan
Pilih makananan yang tidak perlu banyak dikunyah. Misalnya, makanan lembut, agar-agar dan es krim.

5. Kontrol makanan
Batasi asupan gula dan produk yang mengandung ragi. Seperti roti, bir, serta wine yang dapat mendorong perkembangan jamur.

Loading...
Jangan Anggap Sepele, Ini Cara Mudah Mengatasi Sariawan | admin | 4.5