Loading...

Jangan Biasakan Bayi Anda Minum dari Botol dan Dot

Banyak ibu yang ketika usia bayinya sudah lewat usia 6 bulan kemudian memberikan susu formula sebagai pendamping ASI. Dan biasanya, ibu memilih menggunakan botol dan dot untuk memberikan susu pada bayinya. Padahal kebiasaan ini sebenarnya tidak baik.

Ketika memberikan minum susu atau air putih pada buah hati Anda sebaiknya biasanya untuk memberikan minum dari cangkir. Jangan menggunakan botol dan dot sebagai media untuk memberikan minum. Hal ini bukan tanpa sebab. Ada beberapa alasan kenapa memberikan minum bayi sebaiknya tidak menggunakan botol dan dot

Lebih jelasnya, seperti yang dikutip dari liputan6.com, Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Elizabeth Yohmi. SpA menyampaikan beberapa alasan ini.

loading...

1. Minum dari cangkir akan membuat nyaman bayi.

“Ketika bayi minum menggunakan botol, ia akan terbiasa mengemut. Dan dikhawatirkan, ia akan bersikap sama ketika ia disusui ibunya. Lagipula, ASI yang dikeluarkan ibu biasanya lebih banyak, sementara susu yang keluar dari dot hanya sedikit. Jadi jika menggunakan cangkir, tidak ada selang invasif di dalam mulut bayi,” kata Yohmi yang ditemui di kantor IDAI, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

2. Memungkinkan bayi untuk menggunakan lidahnya dan belajar merasa.

3. Minum dengan cangkir, akan merangsang pencernaan bayi.

4. Mendorong bayi melakukan koordinasi pernapasan, menghisap dan menelan.

5. Bayi butuh didekap erat. Dengan minum menggunakan cangkir, ibu juga bisa melakukan kontak mata.

6. Memungkinkan bayi untuk mengontrol jumlah dan kecepatan minum

7. Cangkir lebih mudah untuk dibersihkan dari botol dan dot.

8. Minum dengan cangkir bisa dijadikan transisi dalam perjalanan ke proses menyusui bukan ‘kegagalan’ menyusui.

Lebih lanjut menurut Dr. Yohmi, sebenarnya tidak ada masalah bagi ibu yang memberikan minum menggunakan sendok. Namun, menurutnya menggunakan sendok akan membuat ibu dan bayi kesulitan. Si ibu akan kesulitan karena berarti harus menyiapkan gelas dan sendok baru kemudian diberikan pada bayi. Sementara jika menggunakan cangkir saja, bayi akan merasa puas minum.

Loading...
Jangan Biasakan Bayi Anda Minum dari Botol dan Dot | inicarak | 4.5