Loading...

Jangan Memangku Laptop Saat Menggunakannya, Bahaya!

Laptop merupakan salah satu jenis komputer jinjing yang saat ini banyak digunakan karena praktis, ukurannya kecil dan mudah serta ringan untuk dibawa kemana-mana. Kebiasaan kita adalah memangku laptop saat menggunakannya bila diruangan terbuka. Namun tahukah anda bahwa kebiasaan tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan?

Efek yang paling nyata adalah terjadinya kerusakan kulit permanen yang disebut toasted skin syndrome. Ditandai dengan munculnya bintik-bintik berpola serta hilangnya elastisitas di lapisan kulit terluar.

Dikutip Telegraph, penelitian yang dipublikasikan Jurnal Pediatrics itu mengungkap bahwa kerusakan kulit itu terjadi akibat paparan panas dari alas laptop dalam jangka panjang. Tak hanya menimbulkan rasa sakit, dalam kasus tertentu bahkan bisa memicu kanker kulit.

loading...

Sementara studi yang dipublikasikan Jurnal Fertility and Sterility, mengungkap, kebiasaan memangku laptop berpotensi memengaruhi kesuburan pria. Paparan panas yang dihantarkan alas laptop ke area paha dan sekitarnya memengaruhi kualitas sperma.

Meski sudah menggunakan peredam, paparan panas yang bisa menembus angka 52 derajat Celcius memicu kenaikan suhu skrotum, kantung yang membungkus buah zakar. Hanya dalam 10-15 menit setelah memangku laptop, suhu skrotum melampaui ambang batas normal.

Menghentikan kebiasaan memangku laptop merupakan saran terbaik. Selain mencegah paparan panas alas laptop, membiasakan diri mengoperasikan laptop di meja kerja juga baik untuk menjaga postur tubuh.

Mulai sekarang, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Jangan sampai anda menyesal nantinya!

Loading...
Jangan Memangku Laptop Saat Menggunakannya, Bahaya! | inicarak | 4.5