Loading...

Jangan Mengobati Luka Bakar dengan Odol atau Pasta Gigi

Luka bakar bisa disebabkan karena sengatan sinar matahari, rokok, kopi, air mendidih, Api, listrik ataupun bahan-bahan kimia. Luka bakar biasanya akan membuat kulit jadi melepuh dan menimbulkan rasa panas di kulit.

Kebiasaan orang tua kalau melihat ada yang yang kena luka bakar maka akan lengsung menganjurkan untuk memberi odol pada luka bakar tersebut. Namun ternyata kebiasaan ini adalah cara yang salah.

Perlu diketahui, penggunaan odol untuk luka bakar ini bukan saja tidak membantu si pasien, namun juga menyulitkan penanganan luka bakar itu sendiri. Penyebabnya adalah karena odol sifatnya iritatif dan berpotensi membuat luka baru.

loading...

“Kalau terbakar level ringan sering menggunakan pasta atau odol. Sebenarnya tindakan itu kurang tepat. Yang benar siram luka dengan air keran supaya mendinginkan proses luka panas. Panas diremove sehingga proses panas enggak berjalan,” ungkap dr Johnny Nurman Sp.A., seorang Pediatrician Brawijaya Hospital & Brawijaya Clinic di Jakarta, Jumat (2/3/2012).

Johnny menyarankan setiap luka bakar ringan jangan ditempeli apapun karena bisa membuat lengket.

Untuk luka bakar tingkat kedua menyebabkan kulit melepuh ataupun bengkak berisi air. Biasanya orang tidak sabar untuk memecahnya. Tapi sebenarnya tindakan itu salah. Biarkan saja luka yang melepuh pecah dengan sendirinya. Biasanya dalam 21 hari akan pecah dengan sendirinya. Karena kalau dipecah ini akan menimbulkan bekas luka ketika sudah sembuh atau kering.

Lalu, bagaimana cara penanganan pertama pada luka bakar?

  1. Pendinginan daerah yang terkena luka bakar tersebut. Alirkan air dingin ke daerah tersebut kira kira selama 15 menit. Atau anda dapat merendamkannya ke air. Sebaiknya tidak menggunakan es, karena kontak es langsung bisa menyebabkan iritasi.
  2. Tutuplah luka itu, gunakan kasa yang steril untuk menutup lukanya. Untuk menghindari kontak dengan udara dan membuat orang lain lebih berhati hati tidak menyentuhya, tentunya sakit bukan.
  3. Ambillah analgetic (pengurang rasa sakit) agar anda tetap bisa beraktifitas.
  4. Jaga kebersihan luka dan perhatikan apakah lukanya membaik atau tidak.

Bagaimana, sudah paham bukan? Jadi mulai sekarang sebaiknya anda tinggalkan odol sebagai penanganan pertama pada luka bakar.

Loading...

Hasil pencarian:

obat kena setrika, bekas luka bakar terasa gatal, bkas luka bakar ga, cara mengobati kulit terkena besi panas, kenapa luka bakar terasa gatal, kepana luka terasa panas, luka terasa, obat luka kena catokan
Jangan Mengobati Luka Bakar dengan Odol atau Pasta Gigi | inicarak | 4.5