Loading...

Jenis Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa dan Cara Mencegahnya

Tak jarang sejumlah penyakit muncul saat awal-awal menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Hal ini karena tubuh perlu melakukan proses adaptasi, dari yang biasa kita makan setiap beberapa jam sekali dan saat puasa kita dipaksa untuk tidak makan selama hampir 14 jam.

Saat kita sedang puasa, kita harus dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh, demikian yang dikatakan oleh Dr Diana Suganda yang merupakan seorang ahli gizi. Hal ini penting untuk mempertahankan vitalitas tubuh selama menahan lapar dan haus di siang hari ketika menjalankan ibadah puasa.

Beberapa komplikasi penyakit yang sering muncul menyerang saat menjalankan puasa adalah seperti:

loading...

1. Sakit maag
Sakit maag seringkali muncul saat sedang menjalankan puasa, hal ini terjadi karena adanya gangguan asam lambung akibat tidak adanya asupan makanan selama sekitar 14 jam. Gejala sakit maag yang muncul adalah seperti sakit pada ulu hati, mual, dan pusing.

Untuk mencegah agar sakit maag tidak muncul saat saat puasa, caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan mengandung serat saat sahur, sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat. Selain itu usahakan untuk mengkombinasikannya dengan karbohidrat kompleks untuk menjaga kecukupan kadar glukosa dalam tubuh.

Yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa jangan menunda waktu berbuka puasa. Mulailah buka puasa dengan minuman hangat dan camilan manis, susul santap berat setidaknya 30-60 menit setelahnya. Kalau anda punya riwayat maag, sebaiknya minum obat maag saat sahur dan berbuka, atau konsultasi ke dokter.

2. Konstipasi atau susah buang air besar
Selama berpuasa, asupan cairan dalam tubuh jadi berkurang. Kekurangan cairan ini bisa memicu susah buang air besar atau konstipasi.

Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur bisa bermanfaat untuk mencegah konstipasi atau susah buang air besar muncul saat menjalankan ibadah puasa.
Saat buka puasa, tambahkan sajian agar-agar atau minuman probiotik dalam menu buka puasa. Bakteri baik dalam minuman probiotik efektif menjaga kesehatan usus.

3. Hipoglikemia
Hipoglikemia adalah penyakit yang diakibatkan oleh turunnya kadar glukosa dalam darah hingga di bawah tingat normal. Gejala hipoglikemia adalah seperti cemas, gemetar, berdebar-debar, lemas, keringat berlebih, bingung, kesulitan bicara, dan penglihatan kabur.

Untuk cara mencegah hipoglikemia bisa dilakukan dengan cara memperbanyak konsumsi sumber gula alami yang bersifat kompleks, seperti buah-buahan segar. Jangan lupa untuk memperbanyak juga asupan air putih dan mengurangi asupan garam dalam makanan.

Loading...
Jenis Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa dan Cara Mencegahnya | inicarak | 4.5