Loading...

Jumlah Konsumsi Air yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Banyak yang menyarankan agar minum air sebanyak 2 liter air atau 8 gelas air setiap harinya. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi. Benarkah?

Dehidrasi sendiri bisa didefinisikan sebagai kehilangan cairan tubuh yang berlebihan dan tidak seimbang dengan kadar air yang masuk dalam tubuh seseorang yang mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan antara lain merasa mengantuk, penurunan fungsi ginjal dan bahkan efeknya juga bisa mempengaruhi kulit dimana kulit akan cepat keriput karena kandungan airnya berkurang.

Salah satu cara untuk mencegah dehidrasi adalah dengan memperbanyak minum air putih. Minum air pun ada aturannya, jangan terlalu banyak karena justru bisa menyebabkan perut kembung dan muntah yang malah mengakibatkan dehidrasi, juga jangan terlalu sedikit karena ini artinya Anda akan kekurangan cairan.

loading...

Adapun jumlah asupan cairan yang harus dikonsumsi adalah 30 cc per kilogram berat badan. Jadi untuk ukuran orang dewasa dengan berat badan 50 kilogram wajib mengonsumsi air sebanyak 1.500 cc atau 1,5 liter per hari. Agar aman dan sehat, minumlah secara bertahap, misalnya satu gelas air setelah makan, habis jalan-jalan, pulang dari kantor dan seterusnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan tidaklah harus dari minum air putih. Anda bisa mendapatkan cairan dari mengonsumsi buah segar yang banyak airnya, minum jus buah atau sayuran dan masakan yang banyak kuahnya.

Loading...

Hasil pencarian:

air yg diperlukan tubuh, jumlah air yang dibutuhkan tubuh
Jumlah Konsumsi Air yang Dibutuhkan Oleh Tubuh | inicarak | 4.5