Loading...

Kandungan dan Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Buah belimbing adalah buah yang berbentuk bintang bernama latin Carambola L. Averhoa. Buah ini dapat beradaptasi dan tumbuh subur di daerah dengan iklim tropis, seperti India, Sri Lanka, serta Indonesia. Dengan rasa manis nan segarnya, belimbing sukses mengikat lidah para orang yang merasakannya. Selain terasa lezat di lidah, buah belimbing ternyata juga diperkaya dengan berbagai kandungan gizi baik yang bermanfaat bagi tubuh sehingga manfaat buah belimbing bagi kesehatan manusia terbilang banyak sekali.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kandungan gizi yang dimiliki oleh buah yang memiliki nama lain “starfruit” ini, maka di bawah ini akan dibahas tentang kandungan gizi di dalamnya. Buah belimbing ternyata mengandung 1,37 g protein, 10 g karbohidrat, 45,4 mg vitamin c, 176 mg kalium, 4 mg kalsium, 3 mg sodium, 0,16 mg seng, 7 g gula atau glukosa, 16 mcg folat, serta kalori sebanyak 41 Kkal. Selain beberapa kandungan di atas, belimbing juga mengandung vitamin A, Vitamin B6, seng, asam pantotenat, besi atau zinc, dan juga tembaga.

Jika sudah ditilik dari segi kandungannya, maka kita akan membedah lebih dalam lagi tentang manfaat dari buah yang kaya akan vitamin C ini. Manfaat belimbing antara lain:

loading...

1. Dapat meminimalisir kolesterol jahat dalam tubuh
Berkat zat pektin yang ada di dalam buah ini, maka kadar kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh kita ini bisa berkurang dengan sendirinya. Buah belimbing juga terkenal dapat mencegah penyakit hepatitis.

2. Dapat menjauhkan kita dari penyakit kanker
Jika kita rajin mengkonsumsi buah belimbing, maka kita terjamin akan jauh dari penyakit kanker karena kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi. Selain itu, vitamin C tersebut berperan untuk menjaga vitalitas tubuh dan mencegah sariawan.

3. Dapat mengobati hipertensi
Kadar kalium tinggi yang ada di dalam buah belimbing dapat mengobati hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi, sedangkan kandungan serat yang tinggi dalam buah ini dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga kita akan dijauhkan dari berbagai ganguuan pencernaan.

Semoga artikel manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh manusia ini dapat memberi manfaat untuk anda dan dapat menambah khazanah keilmuan kita tentang berbagai manfaat buah!

Loading...
Kandungan dan Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan | inicarak | 4.5