Loading...

Kandungan dan Manfaat Buah Burahol yang Harus Anda Tahu

Buah Burahol atau yang biasa juga disebut dengan buah kepel adalah buah bersejarah dan langka. Mengapa demikian? Karena buah dengan nama latin Stelechocarpus Burahol ini merupakan buah kesukaan putri keraton dan hanya dapat ditemui di kawasan keraton Yogyakarta, Taman Kiai Langgeng Magelang, TMII Jakarta, dan di Kebun Raya Bogor saja. keberadaan buah burahol juga begitu terlihat familiar di kalangan keraton DI Yogyakarta karena lingkungan keraton masih sering mengkonsumsi buah yang satu ini. Sampai-sampai, jenis flora ini dijadikan identitas sendiri di kalangan keraton Yogyakarta.

Adapun sebab mengapa buah kepel atau burahol ini digemari oleh para putri keraton dan seluruh keluarga keraton Yogyakarta tidak lain karena buah burahol dapat membuat keringat harum dan membuat air seni orang yang mengkonsumsinya menjadi berbau tidak tajam. Biasanya, burahol sendiri dikonsumsi langsung saat kondisi buahnya sudah matang.

Selain dua kegunaan di atas, buah yang tergolong dalam divisi spermatophyta ini ternyata juga memiliki benyak manfaat lainnya. Manfaat-manfaat yang dikandung oleh buah burahol tidak lain adalah:

loading...

1. Sebagai obat herbal peluruh kencing dan radang ginjal.
Daging buahnya yang berwarna jingga dapat dijadikan sebagai obat herbal peluruh kencing dan juga bisa mengobati kemandulan dan radang ginjal. Seperti yang sudah disebutkan di atas, daging buah burahol dapat mengharumkan cairan ekskresi pada tubuh manusia, antara lain kencing, keringat, dan napas. Aroma buah yang pohonnya kuarng lebih 12 meter ini menyerupai wangi buah mawar yang dicampur dengan buah sawo.

2. Sebagai deodoran badan secara alami

3. Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, amak anak yang dikandung akan rupawan dan berkulit putih bersih.

4. Daat membersihkan darah dan menguatkan organ tubuh dalam seperti ginjal, paru-paru, dan hati.

5. Mengatasi asam urat

Sedangkan kandungan yang dikandung oleh buah berdiameter 5 cm dan berbentuk bulat ini antara lain adalah saponin, flavonoid, serta polifenol. Tidak hanya pada buahnya, kandungan bermanfaat itu dapat ditemukan pada akar dan daun burahol juga. Selain itu, biji buahnya mengandung alkaloida.

Loading...
Kandungan dan Manfaat Buah Burahol yang Harus Anda Tahu | inicarak | 4.5