Loading...

Kandungan dan Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan

Buah cempedak adalah buah yang umum ditemui di beberapa daerah tertentu. Jika musimnya telah tiba, maka ada beberapa pedagang jalanan yang menjajakan buah ini. Buah cempedak memiliki kemiripan dengan buah durian dalam hal aromanya karena buah cempedak juga memiliki aroma khas, hanya saja tidak sekuat aroma buah durian. Jika dari segi aroma buah cempedak memiliki kemiripan dengan durian, maka dari segi bentuk fisik dan ciri-ciri buahnya, buah cempedak lebih mirip dengan buah nangka. Hanya saja, tekstur daging dari buah cempedak lebih mantap dan rasanya lebih lezat daripada buah nangka.

Ternyata, buah cempedak tidak hanya lezat saat lewat di indera pengecap manusia saja, namun setelah ada di dalam tubuh pun, buah ini masih memiliki banyak manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan. Semua manfaat tersebut dikarenakan buah cempedak memiliki banyak kandungan gizi yang baik. Penasaran dengan kandungan buah cemepdak? Inilah dia ulasannya.

Dalam 100 gram buah cempedak, ternyata di dalamnya terdapat: energi sebesar 116 Kkal, protein sebesar 3 gram, lemak sebesar 0,4 gram, karbohidrat sebesar 28,6 gram, kalsium sebesar 20 mg, fosfor sebesar 30 mg, zat besi sebesar 2 mg, vitamin A sebesar 200 IU, serta vitamin C sebesar 15 mg.

loading...

Jika sudah selesai membahas tentang kandungannya, maka kini akan dibahas tentang manfaat buah cempedak bagi kesehatan manusia. Manfaatnya antara lain:

1. Dapat dijadikan bahan makanan yang lezat

Daging buahnya dapat dikonsumsi langsung ketika matang atau bisa digoreng seperti saat menggoreng pisang. Selain itu, buah cempedak bisa dijadikan kolak. Sedangkan daunnya bisa dimanfaatkan sebagai sayuran, dan bijinya dapat dikonsumsi pasca digoreng atau direbus seperti pada biji nangka.

2. Dapat menjaga kesehatan mata

Mengingat kandungan vitamin A dalam cempedak cukup tinggi, maka buah yang satu ini dapat menjaga kesehatan mata.

3. Dapat menjaga kesehatan saluran cerna

Sedangkan berkat tingginya vitamin C dalam buah cempedak, aka sudah tentu manfaatnya dapat menjaga saluran cerna dan mengontrol tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Loading...

Hasil pencarian:

buah samolo, manfaat buah samolo, ciri ciri buah cempedak, cara mengenal buah cempedak yang sudah matang, ciri ciri pohon cempedak, manfaat buah mentega untuk ibu hamil, ciri ciri cempedak matang, ciri ciri cempedak, ciri ciri campedak yang udah matang, cara mengetahui cimpedak mat, buah mentega untuk ibu hamil, bolehkah ibu hamil makan buah mentega???
Kandungan dan Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan | inicarak | 4.5