Loading...

Kandungan dan Manfaat Buah Duku yang Penting untuk Diketahui

Buah duku mungkin selama ini kita kenal dengan buah yang nikmat rasanya untuk dikonsumsi. Buah yang asalnya dri Asia Tenggara sebelah barat tersebut pada kenyataannya tidak terbatas hanya sebagai buah konsumsi saja, namun di dalamnya banyak tersimpan bermacam kandungan dan manfaat yang berguna bagi kesehatan manusia. Meski beberapa orang ada yang mengeluhkan rasa pahit saat menyantapnya, namun buah ini kaya akan manfaat dan kandungan nutrisi yang baik.

Berbicara tentang kandungan nutrisi dari buah duku, dalam 1 kg-nya, buah ini mengandung 10 gram protein, 130 gram karbohidrat, 2 gram lemak, 7 gram mineral, 180 miligram kalsium, 90 miligram fosfor, 2,3 gram serat, 13,0 IU Vitamin A, 89 mcgram riboflavin, 1,0 miligram asam ascorbic, serta 1,1 miligram phytin. Sedangkan dalam bijinya yang memiliki rasa pahit, ternyata ada manfaat yang tersimpan disana. Adapun manfaat dari biji buah duku ini yaitu menyembuhkan diare dan penurun demam.

Setelah membahas perihal manfaat dari biji buah duku, maka sekarang akan dibahas tentang manfaat dari buah duku itu sendiri. Buah duku sejauh ini memang belum banyak dimanfaatkan orang untuk kepentingan kesehatan meski di dalamnya tersimpan banyak potensi untuk hal tersebut. maka dari itu, mari kita bahas untuk mengetahuinya lebih jelas.

loading...
  1. Melancarkan sistem pencernaan manusia. Karena kandungan seratnya yang tinggi, maka buah duku berkemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan manusia, mencegah penyebaran sel kanker, serta membebaskan tubuh dari radikal bebas.
  2. Dapat digunakan sebagai obat cacingan dan obat diare. Buah duku dapat menurunkan demam panas dan membantu meredakan diare.
  3. Menjaga kekuatan dan kesehatan gigi. Berkat kandungan fosfornya, buah duku dapat menjaga kekuatan dan kesehatan gigi.
  4. Dapat mengobati gigitan serangga, binatang berbisa lain, dan penyakit malaria. Pengobatan untuk gigitan hewan berbisa bisa dilakukan dengan cara mengoleskan tepung kulit kayu buah duku ke bagian kulit yang digigit.
  5. Dapat digunakan sebagai obat disentri.
  6. Dapat digunakan sebagai pembunuh sel kanker lewat benalu pohonnya.
  7. Untuk mengusir nyamuk.

Itulah tadi manfaat dan kandungan berguna yang ada dalam buah duku, semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda.

Loading...

Hasil pencarian:

khasiat ketumbar sangrai, buah pelaga, kandungan dan manfaat duku
Kandungan dan Manfaat Buah Duku yang Penting untuk Diketahui | inicarak | 4.5